Sabtu, 17 Oktober 2020 9:31

Tenaga Kesehatan Mulai Dilatih Pemberian Vaksin Covid-19, Cimahi Dapat Jatah Berapa?

Penulis : Fery Bangkit 
Tenaga Kesehatan Kota Cimahi Tengah Melakukan Swab Test
Tenaga Kesehatan Kota Cimahi Tengah Melakukan Swab Test [Foto Istimewa]

Cimahi - Dinas Kesehatan Kota Cimahi mulai bersiap melakukan vaksin Covid-19 atau virus korona. Tahap awal yang dilakukan adalah pemberian pelatihan terhadap tenaga kesehatan yang bertugas memberikan vaksin terhadap penerimanya.

"Sudah mulai dilakukan pelatihan vaksinasi kepada tenaga kesehatan di Kota Cimahi," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, Kamis (15/10/2020).

Dikatakan Rini, sapaan Chanifah, pelatihan diadakan oleh Pemprov Jawa Barat. Pihaknya hanya mengirimkan tenaga kesehatan untuk ikut pelatihan tersebut, sehingga disaat Kota Cimahi mendapat jatah vaksin dari pemerintah pusat mereka sudah siap bertugas.

Pihaknya belum mengetahui percis kapan vaksinasi Covid-19 akan dimulai. Namun menurut informasi yang diterima Rini, vaksin paling cepat akan dilaksanakan Desember mendatang.

"Paling cepat katanya Desember kita sudah bisa melakukan vaksinasi sehingga petugas kesehatan sudah disiapkan untuk melakukan vaksin itu," sebut Rini.

Untuk kuota vaksin di Kota Cimahi, terang Rini, pihaknya belum menerima jumlahnya baik dari pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar. Jika sudah mendapatkan jatahnya, kemungkinan sasaran prioritas awalnya adalah tenaga kesehatan.

"Sepertinya kalau kita lihat arahan presiden dan gubernur sudah ada prioritas. Mungkin yang pertama tenaga kesehatan," paparnya.

Baca Lainnya