Senin, 9 Oktober 2023 16:25

Telkom University Gelar Workshop Literasi Digital Bagi Guru

Penulis : Iman Nurdin
Balai Besar Guru Penggerak (BBGP)
Rektor Telkom University Prof Adiwijaya memaparkan pentingnya workshop untuk meningkatkan melek digital, diBalai Besar Guru Penggerak (BBGP), Jabar, Senin ,(9/10/2023). [Ist]

Limawaktu.id -- Untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa sekolah, Telkom University menggelar workshop literasi digital bagi guru dari 10-12 Oktober. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Kegiatan bertajuk Digital Ethic Literation for Teacher (DELTA) yang menjadi bagian dari program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2023.  Berdasarkan arahan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK), kegiatan ini harapannya mampu menggenjot literasi digital guru dan siswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan, pihaknya yang menjadi salah satu dari 24 perguruan tinggi mendapatkan amanah dari Kemenko-PMK untuk mengupayakan generasi muda melek digital. Terlebih saat ini hampir seluruh aspek kehidupan telah memasuki era digital sehingga perlu  dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Saat ini kami berkolaborasi dengan SEAMEO Qitep in Science, bagaimana mengedukasi memberikan digital ethic literation untuk guru. Ini satu hal yang sangat penting, dimana disrupsi digital itu adalah tidak ada pengecualian. Masuk ke semua aspek," ujar Adiwijaya kepada wartawan  Senin (9/10/2023)

Dia menambahkan, kecanggihan teknologi digital harus dikuasai. Apalagi menghadapi masa depan, siswa harus memanfaatkan dengan optimal.

"Pendidikan tidak hanya skills, tapi membangun kesadaran guru dan siswa  digital well being. Sehingga digital bisa memberikan kebermanfaatan untuk kemajuan bangsa," ucapnya.

Adiwijaya berharap, melalui langkah awal ini dapat menjadi pondasi untuk mengembangkan konsep serupa di skala nasional.  Nantinya generasi muda Indonesia memiliki komptensi, kapabilitas untuk bersaing di dunia global.

"Alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar, karena sudah dipersiapkan dengan baik. Semua guru yang kita undang hadir dan ini merupakan pilot project yang Insya Allah menjadi role model untuk kegiatan berikut untuk seluruh Indonesia," harapnya.

Dosen Telkom University Faisal Budiman menambahkan, dalam workshop ini para guru se-Jawa Barat akan menerima materi seputar etika dan literasi digital. Termasuk bagaimana siswa dan guru harus menggunakan ChatGPT secara bijak.

"Harapannya workshop dalam tiga hari, guru  bisa menjadi role model penggunaan digital dan kemudian bisa menyebarkan ke guru sekitar, siswa di lingkungannya. Sehingga manfaatnya bisa jauh lebih luas," imbuhnya.

Sementara salah satu peserta workshop, Rikki Muhammad Ramdhani yang merupakan salah satu pengajar SMAN 1 Bandung mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Sebab, nantinya akan membuat para guru mampu menyeimbangi literasi siswa terhadap digitalisasi.

"Kegiatan tentang digital ethic literation satu hal yang penting buat kami, karena bagaimana sekarang guru berinteraksi dengan siswa melalui digital. Bagaimana beretika digital sangat penting. Sehingga beruntung sekali mendapat materi ini untuk kami lakukan di kelas nanti," ungkapnya.

Mengenai GNRM 2023, selain DELTA. Telkom University turut menghadirkan program lain yaitu TITANIUM.  Kegiatan tersebut merupakan etika bisnis, teknologi dan informasi bagi UMKM di Bandung Raya.

Targetnya, melalui dua program tersebut dapat menguatkan kesadaran sosial masyarakat pengguna internet. Mengatasi kesenjangan digital melalui kesetaraan akses dan pemahaman penggunaan teknologi digital, serta literasi dan etika digital, upaya dalam mempersiapkan tantangan di masa depan.

Baca Lainnya