Senin, 27 September 2021 19:31

Tebing Longsor, Empat Rumah Warga Terancam

Penulis : Bubun Munawar
Tebing yang ada di Dusun 1 Cisitu Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami longsor  pada Senin (27/9/2021)
Tebing di Dusun 1 Cisitu Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami longsor pada Senin (27/9/2021) [Istimewa]

Limawaktu.id,- Tebing yang ada di Dusun 1 Cisitu Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami longsor  pada Senin (27/9/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Longsor terjadi karena tebing tersebut mengalami pengikisan akibat aliran air yang deras dari bagian hulu  hingga terjadinya longsor.  Akibatnya,  Jalan lingkungan terputus, irigasi terbendung material longsor, dan sebagian sawah rusak.

“ Longsor mengancam sejumlah rumah warga usai hujan deras mengguyur selama beberapa jam. Longsor juga berdampak pada jalan lingkungan dan sawah,"  ungkap Miptahudin, warga setempat.

Dia menyebutkan beberapa rumah warga  terdampak dan masih terancam potensi longsor susulan.

"Pendataan yang dilakukan ada 4 rumah yang terancam longsor susulan,” sebut dia.

Namun, warga yang rumahnya terancam longsor susulan belum mengungsi ke lokasi yang lebih aman ataupun ke rumah kerabatnya.

"Kalau yang mengungsi belum ada, tapi kita warga waspada akan potensi longsor susulan,” tegasnya.

Camat Gununghalu Hari Mustika mengatakan baru menerima informasi kejadian longsor di daerah Dusun 1 Cisitu, Desa Sindangjaya. Saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.

“Kita akan melakukan pengecekan ke lokasi longsor,” katanya.

Baca Lainnya