Selasa, 3 Juli 2018 18:12

Tarik Ulur Perusahaan dengan Pemkot Cimahi Terkait Harga PAB

Reporter : Fery Bangkit 
Area Pembangunan Pasar Atas Barokah.
Area Pembangunan Pasar Atas Barokah. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Pembangunan lanjutan Pasar Atas Barokah (PAB) Kota Cimahi masih berkutat dalam proses lelang. Status lelang saat ini dalam tahapan evaluasi penawaran harga dan evaluasi dokumen kualifikasi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs http://lpse.cimahikota.go.id, nilai pagu paket pembangunan dan revitalisasi kawasan pasar atas mencapai Rp57.734.024.762.

Baca Juga : Dear Pedagang, Catat Nih Janji Ajay Soal Pembangunan PAB

Tercatat ada sekitar 117 perusahaan yang mendaftar proyek warisan eks Wali Kota Cimahi, Atty Suharti tersebut. Namun yang terpantau, hanya ada tiga perusahaan yang memberikan penawaran.

Ketiganya ialah PT Amarta Karya dengan penawaran Rp 51.810.385.000, PT Sartonia Agung Rp51.906.233.00 serta PT Gunakarya Nusantara Rp52.971.658.000. Merujuk pada jadwal dalam situs tersebut, pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 6 Juli 2018. Sedangkan penandatanganan kontrak dengan pemenang akan dilaksanakan 13-20 Juli 2018.

Baca Juga : Mediasi Buntu, Jawaban Pihak Pemkot tak Puaskan Pedagang Pasar Atas Cimahi

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Cimahi, Asnadi Junaedi menjelaskan, proyek pembangunan lanjutan PAB merupakan pekerjaan paling besar tahun ini. Saat ini, prosesnya tengah dalam klarifikasi perusahaan yang memberikan penawaran.

"Kalau PAB sudah lelang, lagi diklarifikasi. Klarifikasi itu terhadap kemampuan keuangan, peralatan dan sebagainya," kata Asnadi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (3/7/2018).

Dalam hal kemampuan finansial, tegas Asnadi, perusahaan minimal 30% harus bisa melakukan pembangunan tanpa terlebih dahulu menunggu uang muka yang bersumber dari anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Jika dalam klarifikasi tidak memenuhi syarat, maka lelang dinyatakan gagal. Klarifikasi bisa satu mingguan," tegas Asnadi.

Awal pembangunan PAB sendiri dimulai akhir tahun 2017. Namun, sepanjang 2017, pembangunan terbengkalai dan tak kunjung dilakukan. Kini, memasuki pertengahan tahun pun, proses pembangunan masih berkutat dalam proses lelang.

Baca Lainnya