Jumat, 16 Maret 2018 14:52

Target Zero Grow Anjal 2017 di Kota Cimahi Belum Terealisasi

Reporter : Fery Bangkit 
Anak Jalanan yang tersisa di Kota Cimahi.
Anak Jalanan yang tersisa di Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sekitar 15 Anak Jalanan (anjal) tersisa masih berkeliaran di Kota cimahi. pembinaan akan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi agar target bersih atau zero grow dari Anjal bisa terealisasi.

Kepala Seksi Rehabilitasi sosial Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, Herry Setiawan mengatakan, jumlah Anjal di Cimahi terus mengalami penurunan.

Baca Juga : Asik, Anjal di Cimahi Punya ATM

"Iya kalau anak jalanan terus berkurang. Terakhir, data bulan Februari itu hanya 15 anak," terangnya saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Hardjakusumah, Jum'at (16/3/2018).

Ia menjelaskan, berkurangnya jumlah Anjal di Kota Cimahi dikarenakan ada beberapa yang sudah melewati kategori usia Anjal. Kemudian ada juga yang sudah kembali ke keluarganya.

Baca Juga : Hak Asuh Anak Korban Video Porno Diserahkan ke Keluarga

"Kategori Anjal itu usia 17 tahun ke bawah. Ada juga anak yang pindah ke kota lain, ada juga mereka tidak kembali ke jalan," jelas Herry.

Sebetulnya, lanjut Herry, pihaknya menargetkan akhir 2017 itu sudah tidak ada lagi anak jalanan di Kota Cimahi. Namun target itu masih meleset.

Pasalnya, kebanyakan anak yang sudah diamankan dan dilakukan pembinaan, mereka kembali lagi ke jalanan.

"Harusnya 2017 sudah zero grow, tapi masih ada," ucap Herry.

Dikatakannya, untuk 15 Anjal tersisa, akan terus dilakukan monitoring dan pembinaan. Pembinaan bukan hanya terhadap Anjalnya saja, tapi juga beserta para orang tua Anjal.

Dalam pemantauan dan pembinaan, pihaknya mengandalkan sebanyak 17 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). "Yang tersisia kami terus pembinaan. Diarahkan ke keterampilan yang disediakan pemerintah seperti panti sosial, atau dikembalikan ke sekolah melalui PKBM," pungkasnya.

Baca Lainnya