Sabtu, 15 September 2018 13:02

Tanamkan Etika Berlalulintas Lewat Lomba 12 Gerakan

Reporter : Fery Bangkit 
Perlombaan 12 Gerakan Peraturan Lalulintas di Lap. Apel Polres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Sabtu (15/9/2018).
Perlombaan 12 Gerakan Peraturan Lalulintas di Lap. Apel Polres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Sabtu (15/9/2018). [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Sebanyak 16 sekolah se-Cimahi-Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilibatkan dalam perlombaan 12 gerakan peraturan lalu lintas di Lap. Apel Polres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Sabtu (15/9/2018).

Sebelum perlombaan dimulai, acara didahului dengan apel bersama dengan instansi dari Pemerintah Kota Cimahi dan Pemkab Bandung Barat dan melibatkan 700 siswa SD, SMP dan SMA di Cimahi-KBB.

Rangkaian apel bersama dan lomba ini digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas ke-63 Tahun 2018 tingkat Kota Cimahi.

Ke-12 gerakan tangan berlalulintas yang diperlombakan adalah stop segala jurusan, stop arah tertentu, stop arah belakang, stop arah depan, mempercepat dari belakang, mempercepat dari depan, memperlambat depan serta memperlambat belakang.

"Ini juga merupakan rangkaian pembinaan yang kita laksanakan seminggu sekali di sekolah-sekolah dan diaplikasikan dengan adanya lomba," tutur Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Sabtu (15/9/2018).

Kemudian yang terpenting dari rangkaian perlombaan ini, kata Suharto, sebagai bahan pemahaman kepada para siswa agar mereka mengetahui seputar ketertiban lalu lintas.

"Iya tujuannya mereka itu sejak dini mengetahui etika lalu lintas sehingga nanti akan terwujud keselamatan berlalulintas," ujar Suharto.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memanggil para kepala sekolah se-Cimahi-KBB. Selain untuk mempererat silaturahim, kesempatan tersebut juga dijadikan saran informasi etika dalam berlalulintas.

"Dan bisa saling bertukar pemahaman bersama-sama untuk mewujudkan kelancaran lalu lintas dan etika berlalu lintas," tandasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer