Jumat, 22 Maret 2019 15:43

Tanam Ganja, Kuli Bangunan Asal KBB Terancam 20 Penjara

Reporter : Fery Bangkit 
Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara menunjukan barang bukti paket ganja.
Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara menunjukan barang bukti paket ganja. [ferybangkit]

Limawaktu.id - EM alias Iboy terancam hukuman penjara maksimal 20 tahun. Pria 40 tahun itu jadi tersangka atas kepemilikan ganja seberat 9,54 gram dan 11 pohon ganja.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, tersangka dijerat dengan pasal 111 ayat 2 atau pasal 114 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia, nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Pelaku juga merupakan pengedar dan residivis.

Baca Juga : PNS KBB Nyambi jadi Pengedar Sabu Pernah Ngajar di SD Padalarang dan Batujajar

"Anacaman pidana penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar," kata Rusdy saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Jumat (22/3/2019).

Em diamankan Anggota Satresnarkoba Polres Cimahi 20 Maret lalu di kediamannya di Kp.Cigugur Sukamulus, Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Baca Juga : Fakta-fakta PNS di Cimahi yang 'Tercyduk' Nyabu Saat Jam Kerja

Pelaku yang menanam ganja di lahan milik orang lain itu nyambi jadi pengedar dan penanam ganja setelah membeli satu paket ganja kepada JOS seharga Rp 200 ribu di daerah Cikampek, namun JOS hingga saat ini masih buron, sehingga polisi harus melakukan pendalaman terkait kasus tersebut.

"Terkait kasus ini kami masih melakukan pendalaman dan akan kami kembangkan karena masih ada pelaku-pelaku yang lain," ujarnya.

Baca Juga : Parah! Kuli Bangunan di KBB ini Tanam pohon Ganja di Lahan Orang

Iboy menjual hasil panen dari tanam ganja tersebut ke teman dekatnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun hingga saat ini, pembeli ganja tersebut juga belum diketahui identitasnya.

Sementara dalam mengungkap kasus ini, kata Rusdy, dilakukan setelah Anggota Satresnarkoba mendapat laporan dari masyarakat, kemudian pihaknya melakukan penyelidikan hingga akhirnya Iboy kedapatan memiliki dua paket ganja siap edar dan mengaku menanam pohon ganja.

Baca Lainnya