Jumat, 21 Desember 2018 13:12

Tanam 400 Bibit Pohon untuk Cegah Banjir dan Longsor di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Penanaman pohon di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jum'at (21/22/2018).
Penanaman pohon di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jum'at (21/22/2018). [limawaktu]

Limawaktu.id - Sekitar 400 bibit berbagai jenis pohon ditanam di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jum'at (21/22/2018).

Penanaman pohon itu dilakukan dalam rangka gebyar Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Hari Menanam Nasional (HMP) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2018.

Baca Juga : Bela Negara, Pemuda Pancasila Lembang Tanam Pohon di Lahan Kritis 1.300 mdpl

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, tujuan diadakannya penanaman pohon ini untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan menambah tutupan lahan. Kemudian juga untuk mencegah banjir dan longsor saat musim hujan serta menyerap karbondioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim.

"Yang paling penting, untuk mencegah terjadinya bencana dan longsor pada musim penghujan serta bencana kekeringan dan kebakaran pada musim kemarau," ujar Ajay.

Dikatakannya, berbagai jenis bibit pohon yang ditanam sesuai arahan pengembangan Kajian Penyusunan Block Plan Taman Keanekaragaman Hayati tahun 2017, dimana blok ini akan menjadi blok Zona Konservasi Semi Alami (Agroforest). 

"Arahan peningkatannya kualitas tutupan lahan dengan memperkaya jenis-jenis bambu, tanaman industri, buah dan identitas Kota Cimahi," jelasnya.

Ajay melanjutkan, sebelum penanaman pohon ini, ada sekitar 6.000 bibit pohon yang sudah didistribusikan ke 15 kelurahan se-Kota Cimahi. Penanaman pohon akan akan berlanjut seperti di area Pusdik dan sekolah.

Baca Lainnya