Rabu, 29 Mei 2019 15:01

Tambal Sulam dan Perbaikan Jalur Mudik Alternatif di Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Salah satu ruas jalan yang mulai diperbaiki adalah Jalan Mahar Martanegara
Salah satu ruas jalan yang mulai diperbaiki adalah Jalan Mahar Martanegara [ferybangkit]

Limawaktu.id - Memasuki arus mudik lebaran 2019, sejumlah ruas jalan berlubang dan rusak di wilayah Kota Cimahi mulai dilakukan perbaikan dan tambal sulam.

Salah satu ruas jalan yang mulai diperbaiki adalah Jalan Mahar Martanegara, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah. Dulunya jalan itu mengalami kerusakan yang cukup parah karena tergerus air.

Baca Juga : Ada Puskesmas 24 di Bandung Barat Selama Libur Lebaran 2019

"Kita melakukan pemeliharaan jalan seperti di Jalan Mahar Martanegara. Kemarin sebagian sudah diperbaiki, mudah-mudahan dapat dituntaskan sampai lebaran," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (29/5/2019).

Jalan Mahar Martanegara merupakan salah satu jalur mudik alternatif dari wilayah Bandung Barat melalui jalur Kerkhof sebelum masuk Jalan Mahar Martanegara untuk menuju Kota Bandung

Baca Juga : Menengok Kesiapan Kota Cimahi Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2019

Dikatakannya, memang perbaikan jalan dan tambal sulam di jalan itu baru sekitar 120 meter saja, dan masih tersisa sekitar 200 meter yang harus diperbaiki. "Tapi setidaknya sekarang jalan tak terlalu parah," ucapnya.

Selain itu, untuk menunjang perjalanan mudik yang keluar dari akses Tol Baros, pihaknya juga sudah melakukan pelebaran jalan pertigaan Baros Raya, tepatnya di depan Pusdik Armed. Jalur itu biasanya merupakan alternatif bagi pengendara yang ingin menuju kawasan Lembang, Bandung Barat.

Baca Juga : Ingin Dapat Pelayanan BPJS Kesehatan Dimanapun Saat Mudik, Segera Aktifkan Kepesertaan JKN-KIS Anda!

"Jalan Baros alhamdulillah sudah ada pelebaran jalan. Masuk ke jalan Gator Subroto, masuk Jalan Gandawijaya itu merupakan salah satu ruas jalan yang terkena arus mudik," terang Wilman.

Secara keseluruhan, tegas Wilman, seluruh ruas jalan di Kota Cimahi siap untuk dilalui para pemudik. Pihaknya terus melakukan upaya pemeliharaan jalan-jalan yang memang bakal dilalui para pemudik.

"Pemkot Cimahi sudah melakukan berbagai macam tindakan untuk persiapan menghadapi arus mudik maupun arus balik lebaran 2019. Untuk yang (rusak) ringan sekarang sedang menggenjot (perbaikan) dan beberapa ruas jalan ada pengecatan-pengecatan," pungkasnya. 

Baca Lainnya