Senin, 4 Desember 2017 15:42

Tambah Kekuatan Alutsista, Armed TNI AD Kembangkan Roket MLRS Astros MK II

Reporter : Fery Bangkit 
Danpussenarmed, Brigjen. TNI. Dwi Jati Utomo, menjelaskan tentang Roket MLRS Astros MK II kepada Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di HUT Armed TNI ke-72
Danpussenarmed, Brigjen. TNI. Dwi Jati Utomo, menjelaskan tentang Roket MLRS Astros MK II kepada Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di HUT Armed TNI ke-72 [limawaktu]

Limawaktu.id, - Artileri Medan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Armed TNI AD) kini tengah mengembangkan daya jangkau roket MLRS Astros MK II menjadi 300 km.

Roket buatan Brazil tersebut dipamerkan dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Armed TNI AD ke-72 di Pusdik Armed, Jalan Baros, Kota Cimahi, Senin (4/12/2017).

Danpussenarmed, Brigjen. TNI. Dwi Jati Utomo, mengatakan, Roket MLRS Astros MK II saat ini masih memiliki daya jangkau ke sasaran hingga 85 km dan sudah teruji ketangguhannya di berbagai medan pertempuran di berbagai negara.

"Diharapkan dengan adanya alutsista baru ini Armed TNI AD semakin memperkuat integritas NKRI di mata dunia," ujar Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, ditemui di Pusdikarmed.

Dwi melanjutkan, di masa mendatang, alutsista Pusdikarmed akan dilengkapi dengan radar anti artileri, pesawat tanpa awak (Unmaned Aerial Vehicle/UAV), Global Positioning System (GPS), alat pengukur jarak otomatis (LRF/Laser Range Finder), dan sistem penemu sasaran untuk mempercepat pencarian koordinat kedudukan sasaran (INS/Inertial Navigation System).

"Kedatangan alutsista yang modern, juga harus ditunjang dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat mewujudkan Precision attack, joint attack and The Missile's Role in Suppressing Enemy Strike Capabilities," katanya.

Untuk itu pihaknya membentuk batalyon khusus untuk memegang alutsista tersebut. Para personelnya diseleksi secara ketat serta diberi pelatihan di negara tempat produksi alutsista dan tahap penerapan teknologi alutsista terbaru membutuhkan proses.

"Tidak mudah untuk transfer teknologi dan pengetahuan, namun kita terus berupaya mewujudkannya sebagai prajurit Armed yang modern, cerdas, dan tangguh," tandasnya. (kit) 

Baca Lainnya