Rabu, 20 November 2019 18:39

Taman Air Mancur Gajah Sedang Dibangun, Begini Desainnya!

Taman Air Mancur Gajah
Taman Air Mancur Gajah [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Taman air mancur seharga  Rp814.983.547 mulai dibangun di Bunderan Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Uang itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

Berdasarkan pantauan pada Rabu (20/11/2019), sejumlah pekerja tengah mengerjakan pembesian lantai dan dinding kolam. Nantinya, di tengah kolam akan dipasang gajah yang yang dikelilingi air mancur.

sejumlah pekerja tengah mengerjakan pembesian lantai dan dinding kolam

Kepala Seksi Dekorasi dan Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Mira Nurmeita Gantini mengatakan, pembangunan air mancur dilaksanakan oleh pemenang tender asal Jakarta, yakni PT Eckhom. Pembangunan air mancur ditargetkan selesai akhir tahun. "Iya udah mulai dibangun. Tahun ini ditargetkan sudah rampung" kata Mira saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (20/11/2019).

Tahun ini, terang Mira, akan didahulukan pembuatan air mancur dan pedestalnya sebagai dudukan patung gajah. Taman air mancur nantinya akan dilengkapi juga dengan permainan lampu di malam hari. "Luas total area kolamnya sekitar 277,45 meter. Tapi untuk patung gajahnya kami masih bahas penyediaan anggarannya. Semoga terealisasi tahun depan," ujarnya.

Menurut Mira, uang ratusan juta itu sebetulnya tergolong murah untuk membangun sebuah air mancur. Sebab, pengadaan seperti untuk Seperti nozzle atau perangkat utama air mancur yang berfungsi untuk menyemburkan air, kemudian pompa dan alat lainnya harganya cukup mahal. "(Alatnya) mahal. Harusnya lebih dari itu (anggarannya)," ucapnya.

Dikatakan Mira, untuk memenuhi kebutungan barang itu, sejumlah barang akan didatangkan dari luar negeri. Untuk alasannya, kata dia, itu menjadi kewenangan pihak pemenang tender. Pihaknya hanya sebagai penyedia anggaran. "Pompa sama nozzle-nya impor. (Mungkin) kalau pengalaman konsultan yang lokal tidak tahan lama," jelasnya.

Ia melanjutkan, air mancur ini menjadi yang pertama di Kota Cimahi. Selain untuk dekorasi kota, keberadaan air mancur tersebut tentunya akan mempercantik Kota Cimahi dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk spot swafoto atau selfie. "Ini baru yang pertama air mancur di Cimahi sebagai penambahan dekorasi kota," tandasnya.

Baca Lainnya