Sabtu, 13 Oktober 2018 10:46

Tahun Depan, OPD di Cimahi ini Bakal 'Dicerai'

Reporter : Fery Bangkit 
Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Cimahi, Siti Fatonah.
Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Cimahi, Siti Fatonah. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Dinas Sosial Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak hampir pasti akan akan dibagi dua untuk tahun depan.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Cimahi, Siti Fatonah mengatakan, saat ini, Pemerintah Kota Cimahi (Pemkot) tengah melakukan kajian untuk memisahkan Organidasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut menjadi dua OPD. 

"Memang sudah dibahas, lagi dikaji rencana untuk dipecah menjadi dua. Dinsos berdiri sendiri," ungkapsnya saat dihubungi via sambungan telepon, Sabtu (13/10/2018).

Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi sementara, ada juga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Litbang yang akan diubah menjadi Bidang pada OPD Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

"Hasil evaluasi provinsi, jadi cuma UPT Litbang dijadikan Kabid di Bappeda, yang lainnya masih di provinsi semua," jelas Siti.

Untuk evaluasi keseluruhan perihal Satuan Organisasi Tatanan Kerja (SOTK) di lingkungan Pemkot Cimahi, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Selain itu kita kan harus melakukan evaluasi mandiri sambil menunggu juknis tentang evaluasi. Kata Kemendagri, dalam waktu dekat juknisnya keluar," terangnya.

Berdasarkan evaluasi mandiri, Siti mengklaim bahwa SOTK yang baru yang berjalan sejak awal 2016 ini cukup berjalan efektif. "Selama ini tufoksinya sudah berjalan cukup efektif," tandasnya.

Baca Lainnya