Jumat, 25 Januari 2019 13:26

Tahukah Kamu Jika Ikan Cupang Bisa Cegah DBD? Ini Jawabannya

Reporter : Fery Bangkit 
ikan hias cupang.
ikan hias cupang. [ferybangkit]

Limawaktu.id - fogging dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sekarang ini menjadi familiar seiring merebaknya kasus Demam Berdarah.

Fogging merupakan pengasapan yang hanya mengakibatkan nyamuk Aedes Aegypti itu mati. Sementara PSN merupakan cara pemberantasan jentik nyamuk penyebab DBD.

Baca Juga : Kasusnya Sudah Sampai 220, KBB Dianggap Darurat DBD

Ternyata, tahukan Anda bahwa ada cara lain untuk memutus jentik nyamuk penyebar virus DBD? Caranya ialah dengan penyebaran ikan cupang ke genangan air. Seperti bak mandi di rumah.

Kepala Balai Karatntina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Dedi Arief Hendriyanto menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian, ternyata berbagai jenis ikan hias cupang itu dianggap mampu memutus rantai jentik nyamuk DBD. 

Baca Juga : Putus Rantai Nyamuk DBD, Ratusan Ikan Cupang di Sebar di Cimahi

"Iya kalau berdasarkan survey itu, memang ikan cupang bisa memakan jentik nyamuk DBD," terang Dedi.

Bahkan, kata dia, ada jenis ikan cupang yang mampu memakan hingga 80 jentik nyamuk hanya dengan sekali makan. Ikan cupang itu adalah jenis cupang Crown Tail. "Kalau jenis ikan cupang lainnya itu minimal 10 jentik nyamuk," jelasnya.

Baca Juga : Innalilahi, DBD Renggut Nyawa Bocah 5 Tahun Asal Cimahi

Cara penyebaran pun cukup mudah. Bagi Anda yang tertarik dengan cara ini hanya tinggal membeli ikan cupang kemudian disebar di genangan-genangan air yang berpotensi untuk dijadikan tumbuh kembang jentik nyamuk. Contohnya, di bak penampungan air.

"Jentik nyamuk itu bisa musnah," tandasnya.

Baca Lainnya