Jumat, 5 Juli 2019 18:19

Sungai Cijanggel Menyusut, Pasokan Air ke Cimahi-KBB

Reporter : Fery Bangkit 
Manajer Junior Humas Dan Kesekretariatan PDAM Tirta Raharja, Sri Hartati Tengah Meninjau Produksi Air Di PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi.
Manajer Junior Humas Dan Kesekretariatan PDAM Tirta Raharja, Sri Hartati Tengah Meninjau Produksi Air Di PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Menurunnya debit air Sungai Cijanggel di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sangat berdampak terhadap produksi air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi.

Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Sri Hartati mengatakan, kapasitas produksi air bersih dari sumber air Cijanggel sebetulnya mencapai 166 liter per detik. Namun musim kemarau ini turun hingga 80 liter per detik.

Baca Juga : Musim Hujan ini Apakah Kualitas Air Tetap Terjaga? Ini Jawaban PDAM Tirta Raharja

"Kalau perkiraan kami hujan itu awal Agustus seperti tahun lalu. Tapi tahun ini ternyata sudah kemarau dari Juni, sudah turun sampai 80 liter per detik," kata Sri saat ditemui, Jumat (5/7/2019).

PDAM Tirta Raharja mencakup tiga pelayanan, yakni pelayanan wilayah utara yang meliputi Kota Cimahi, Cisarua, Lembang, Cikalongwetan, Batujajar, Cililin dan Padalarang (Kabupaten Bandung Barat). Jumlah Sambungan Rumah (SR)-nya mencapai 27.172 rumah.

Baca Juga : Dear Pelanggan PDAM Tirta Raharja, Bacalah Informasi Penting ini!

Kemudian, wilayah pelayanan selatan yang meliputi daerah di Kabupaten Bandung seperti Soreang, Ciwideuy, Banjaran, Pangalengan dan Kutawaringin. Total ada 31.526 SR.

Serta wilayah pelayanan timur yang meliputi Ciparay, Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Rancaekek, Majalaya dan Cicalengka. Jumla SR-nya mencapai 40.307 SR.

Menyusutnya produksi air yang bersumber dari Sungai Cijanggel itu berdampak terhadap distribusi air di pelayanan wilayah utara. "Wilayah yang terdamlaknya cukup lumayan, khususnya Cimahi dan KBB," tandas Sri.

Baca Lainnya