Jumat, 4 Juni 2021 17:22

Sumedang Memiliki Inovasi e-SAKIP Desa

Reporter : Wawan Gunawan
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  A. Halim Iskandar Mengunjungi Kaabupaten Sumedang, Jum'at (4/6/2021)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi A. Halim Iskandar Mengunjungi Kaabupaten Sumedang, Jum'at (4/6/2021) [humas]

Limawaktu.id,- Kabupaten Sumedang meluncurkan Program Desa Cinta Statistik (Cantik) Simpatik dan Integrasi e-Sakip Desa dengan Sistem Informasi Desa. Program ini diresmikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  A. Halim Iskandar di Gedung Negara, hari ini .

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan, kehadiran Menteri menjadi kebanggaan, kebahagiaan dan motivasi bagi Sumedang untuk terus meningkatkan kinerja, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, melaksanakan pembangunan serta melayani masyarakat.

Sumedang memiliki inovasi e-SAKIP Desa untuk mengarahkan pengelolaan keuangan desa secara lebih transparan, akuntabel dan berorientasi pada hasil.

“Dengan SAKIP Desa ini diharapkan Dana Desa dan sumber keuangan desa lainnya dapat dikelola secara akuntabel serta berbasis kinerja, terutama bagaimana peran desa dalam menurunkan angka kemiskinan dan stunting,” ungkapna, Jum’at (4/6/2021)

Menurut Dony, Kementerian  mengapresiasi e-SAKIP Desa dan sangat nyambung dengan SDGs Desa. SDGs Desa sebagai sebuah konsep dan implementasi sedangkan e-SAKIP dalam konteks pengawasan.

“Pak Menteri yakin penggunaan Dana Desa di Sumedang sudah betul-betul berbasis pada penyelesaian masalah,” pungkasnya.

Baca Lainnya