Sabtu, 12 November 2022 21:15

Sukses Tutup Agenda Tahunan, Softskills Academy Hadirkan 7 Negara di Festival Inspirasi

Penulis : Iman Nurdin
Festival Inspirasi 2022 sukses melibatkan 7 negara
Festival Inspirasi 2022 sukses melibatkan 7 negara [istimewa]

Bandung, Limawaktu.id – Softskills Academy dan Kreasiplus Production sukses menutup agenda tahun 2022 dengan gelaran Festival Inspirasi Indonesia di 18 wilayah tanah air dan 5 kota di luar negeri. Sebanyak 7 perwakilan negara yakni Malaysia, USA, Korea Selatan, Filipina, China Taipei, Belgia, dan Swedia menghadiri acara puncak bertajuk “Beyond Superhero” di Taman Budaya Kota Bandung, 12 November 2022 lalu.

Ketua Pelaksana Festival Inspirasi Indonesia 2022 Fadly Eka Pradana mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi sosial untuk meningkatkan value dan skills generasi muda yang mengambil momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Nasional.

“Rangkaian kegiatan selama bulan Oktober sampai November 2002 ini memiliki beberapa segmen kegiatan diantaranya “Bincang Inspiratif” talkshow mingguan, aksi sosial di 18 wilayah di Indonesia dan 5 kota luar negeri, serta puncaknya di Dago Tea House (Taman Budaya Bandung) yang dihadiri perwakilan 7 negara,” ungkap Fadly belum lama ini.

Menurut dia, selain meningkatkan value dan skills generasi muda, Festival Inspirasi Indonesia 2022 dan international event ini juga memberikan wadah untuk berkreasi dengan karya. “Program selanjutnya ialah Softskills Development Class batch 4 dan Campus Roadshow yang bisa dinantikan dari Softskills Academy,” ujar Fadly.

Softskills Academy sendiri ialah sebuah lembaga pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada domain softslkills agar menjadi pribadi yang berkualitas dan berdaya saing. Softskills Academy senantiasa memberikan program-program untuk masyarakat umum dalam meningkatkan softskills yang dimiliki agar menjadi pribadi bijak dan unggul.

Sementara itu, kegiatan international event yang bertajuk “Beyond Superhero” di Dago Tea House dibuka oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Sri Susiagawati mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Pihaknya mengapresiasi setinggi-tinginya terhadap penyelenggaraan Festival Inspirasi Indonesia 2022 karena turut mendukung pemerintah dalam hal pengembangan khususnya ekonomi kreatif.

“Sesuai dengan tajuknya Beyond Superhero bahwa peran pemuda sangat besar dalam mencontoh kiprah pahlawan yang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini,” ucap Sri.

Motivation Training pada acara ini disampaikan oleh Direktur Softskills Academy sekaligus penggagas event yang juga seorang trainer sofskills berpengalaman, A.M. Nasrulloh, M.M. Trainer yang akrab disapa Kang Anas ini menyampaikan bahwa pahlawan sebenarnya bukanlah superhero yang hidup di dunia imajinasi, melainkan siapapun kita yang bisa memberikan kemanfaatan. Pahlawan juga tidak harus memiliki karya yang besar terlebih dahulu. Berkaitan dengan peringatan Sumpah Pemuda, Kang Anas berpesan bahwa pemuda dengan segudang peluang dan potensinya, hendaknya memaksimalkan potensi dan menggantungkan harapan setinggi-tingginya.

Event puncak Festival Inspirasi Indonesia 2022 ini pun diisi dengan 3 sesi “Talkshow Inspiratif” yang dua diantaranya live talkshow dan satu online talkshow. Sesi talkshow yang pertama menghadirkan narasumber Kartini F. Astuti yang merupakan seorang penulis dan founder Linimasa, serta Tresia Wulandari (reporter dan presenter iNews TV). Menurut kedua narasumber tersebut, pahlawan tidak selalu identik dengan seseorang yang telah berjasa besar dan telah wafat, melainkan juga bahwa pahlawan adalah orang-orang yang hidup saat ini yang berguna dan berjasa bagi siapapun disekitarnya. Disampaikan pula, bahwa menjadi pahlawan masa kini harus dimulai dari kita sendiri dengan kata “mau”. Mau memperbaiki diri, mau menjadi lebih baik, dan mau peduli, berkorban serta mau menjadi contoh bagi yang lain.

Talkshow inspiratif sesi 2 diisi oleh dua narasumber yaitu Ridwan Saputra Utama dan Faldi Adisajana yang merupakan anak-anak muda bertalenta. Menurut mereka, pahlawan adalah orang yang memberikan manfaat bagi diri dan sekitarnya dan terlebih lagi pahlawan ialah manusia yang dapat memanusiakan manusia lainnya berdasarkan kehendak Sang Pencipta.

Salah keunggulan event ini adalah adanya “International Talkshow” yang mengundang 7 orang narasumber dari 7 negara yaitu Malaysia, USA, Korea Selatan, Filipina, Cina Taipei, Belgia, dan Swedia yang diselenggarakan secara live daring. Dalam international talkshow ini, setiap narasumber mengemukakan persepsi mengenai pahlawan. Kesimpulan dari international talkshow ini adalah bahwa setiap orang yang membuat diri kita berarti dan membuat kita menemukan tujuan hidup, ialah pahlawan sesungguhnya. International talkshow ini sangat mendapatkan animo positif para peserta karena mendapatkan beragam sudut pandang dan inspirasi mengenai karakter dan kepahlawanan.

Acara puncak ini dimeriahkan pula dengan berbagai seni dan pertunjukan. Pada awal acara dibuka oleh penampilan Rampak Kendang dari IA LSS ITB. Penampilan live musik dari Generation band dan  solo acoustic oleh Egi Regiyansyah, serta pemutaran film berjudul “Putera Puteri Bangsa” produksi Kreasiplus Production.

Sumpah pemuda

Segmen yang paling monumental pada Event puncak Festival Inspirasi Indonesia 2022 ini adalah  kristalisasi peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan dimana seluruh peserta yang hadir di Dago Tea House menyatakan “Komitmen Generasi Inspirasi” melalui 3 butir janji. Pertama, Kami Generasi Inspirasi, berkomitmen untuk selalu bersikap peduli dan berkorban sepenuh hati; Kedua, Kami Generasi Inspirasi, berkomitmen untuk selalu menginspirasi melalui aksi; dan Ketiga, Kami Generasi Inspirasi mendasarkan sikap dan cita-cita dengan nilai spiritual dan kemanusiaan.

Gelaran event Festival Inspirasi Indonesia 2022 ini mendapatkan respons yang sangat positif baik dari para peserta yang hadir di Dago Tea House, maupun yang mengikutinya secara daring, termasuk apresiasi dari para narasumbernya. Peserta umumnya menyatakan bahwa mereka mendapatkan banyak inspirasi untuk mengembangkan dan meningkatkan value dalam dirinya, dimana value positif tadi bisa bermanfaat bagi manusia lainnya dan lingkungan sekitarnya. Sesuai tagline dari rangkaian kegiatan ini, yakni “Inspirasi ini Jangan Berhenti di Kami”.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer