Kamis, 19 Maret 2020 19:30

Sukamenak Menuju Desa Wisata Sukaberseri

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id- Warga Kampung Curug Dogdog, kelurahan Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung bertekad mengubah wilayah mereka menjadi kawasan Pariwisata, selama ini Kelurahan Sukamenak merupakan yang terbaik dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Bandung dan peringkat 3 di Provinsi Jawa Barat.

Ketua Kelompok Desa Pariwisata Sukamenak Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Sunarto mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan penataan wilayah dan pembuatan akses jalan yang akan mendukung  menuju Desa Wisata. Dalam merubah menjadi kawasan pariwisata Butuh keseriusan dan kerja keras dari warga.

Pihaknya, kata Sunarto, sudah menyiapkan beberapa produk unggulan seperti edukasi bank  sampah serta penanaman hidroponik untuk mempersiapkan diri sebagai Desa Pariwisata itu sendiri. , Predikat juara 1 untuk kategori pengelolaan bank sampah di tingkat Kabupaten, dan juara 3 untuk tingkat Provinsi sudah menjadi bukti jika warga Curug Dogdog serius mengelola wilayahnya.

"Jalur dan akses sudah kami siapkan dalam menyongsong Sukamenak sebagai Desa Pariwisata," katanya.

Sedangkan Kepala Bidang PUEMD Aning Suci ningsih berharap agar dilakukan kolaborasi antara pegiat wisata dengan UMKM yang ada di Sukamenak, agar keinginan untuk memwujudkan desa wisata bisa terealisasikan, termasuk soal legalitas dan anggaran yang bisa di suport oleh Pemerintah Desa Sukamenak.

"Kegiatan ini bisa menjadi bagian dari Bumdes, dan akan dimusyawarhkan dengan pihak desa," ucapnya.  

 

Baca Lainnya