Kamis, 24 Juni 2021 18:21

Suhu Udara Akhir-Akhir Ini Terasa Dingin, Ini Penyebabnya

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
BMKG Kota Bandung menyebut fenomena cuaca dingin akhir-akhir ini disebabkan pengaruh suhu permukaan laut dan musim di Benua Australia.
BMKG Kota Bandung menyebut fenomena cuaca dingin akhir-akhir ini disebabkan pengaruh suhu permukaan laut dan musim di Benua Australia. [Facebook BMKG Kota Bandung]

Limawaktu.id – Enam hari belakangan ini, suhu udara di Kota Bandung dan sekitarnya cukup dingin. Menurut pantauan alat ukur suhu udara di stasiun BMKG Bandung, suhu minimum absolut di Kota Bandung berada di kisaran 18,2 derajat Celsius.

Prakirawan stasiun BMKG Kota Bandung Iid Mujtahidin menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab dari suhu udara dingin tersebut. Pertama, suhu permukaan air laut di sekitar Jawa Barat lebih hangat dan berpotensi membentuk awan-awan hujan.

"Pada tahun ini periode musim kemarau di wilayah Bandung Raya yang diprediksi secara umum bulan Mei-Juni  masih di sertai adanya pembentukan awan-awan hujan," jelas Iiid seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Iid menambahkan, karakteristik suhu udara di periode musim kemarau relatif lebih dingin dibandingkan periode penghujan. Menurutnya, hal itu dipengaruhi kondisi suhu di wilayah Australia yang saat ini sedang mengalami musim dingin.

“Pada tanggal 27-28 Juni 2021 diprediksi suhu udara sedikit ada penurunan di wilayah Australia bagian utara," tambahnya.

Selain itu, prediksi kelembapan di ketinggian menengah cenderung basah dan ini menyebabkan adanya potensi hujan turun, sehingga kondisi cuaca akan terasa sedikit dingin.

Baca Lainnya

Topik Populer