Senin, 18 November 2019 14:33

Suhu Cimahi-KBB Panas, Ini Penyebabnya!

Foto istimewa
Foto istimewa [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung memprediksi cuaca di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung, berkisar antara 31 derajat hingga 32 derajat hingga tiga hari ke depan.

"Hari ini prediksi dari jam 1 siang sampai jam 7 malam, suhu udara mencapai 32 derajat celcius tanpa ada potensi hujan," ungkap Kepala BMKG Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Senin (18/11/2019).

Sedangkan suhu di Bandung Raya pada malam hari untuk tiga hari ke depan bakal berkisar pada 22 hingga 24 derajat celcius yang didominasi kondisi cuaca berawan. "Hanya beberapa wilayah saja yang akan turun hujan, seperti Lembang, Kota Bandung, dan Cimahi. Rata-rata siangnya berawan, malam baru ada potensi hujan ringan," katanya.

Menurut Tony, kondisi panas tersebut terjadi karena posisi semu matahari. Selain itu, belum terbentuknya awan secara maksimal membuat matahari langsung menyinari tanpa tereduksi.

"Berbeda kalau ada awan yang terbentuk sepenuhnya, maka panas bisa terserap oleh awan. Tapi pada malam hari akan lebih hangat, karena kalor yang diserap awan akan tersimpan," bebernya.

Meskipun berdasarkan prediksi pihaknya saat ini sudah memasuki awal musim hujan, namun intensitas hujan pada minggu ke dua bulan November terbilang masih sangat rendah.

"Sekarang baru awal musim hujan, tiap daerah berbeda waktunya. Ada yang dasarian 1 (per 10 hari) di bulan November, ada yang dasarian 2, bahkan ada yang di bulan Desember. Untul Bandung Raya rata-rata dasarian 1 dan dasarian 2, tapi masih anomali," tuturnya.

Pihaknya mengingatkan masyarakat akan potensi angin puting beliung dalam masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

"Biasanya satu hari sebelumnya udara malam hari sampai pagi hari terasa panas dan gerah. Udara yang terasa panas dan gerah diakibatkan adanya radiasi matahari yang cukup kuat. Secara umum terjadi saat cuaca ekstrem," tandasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer