Rabu, 25 Oktober 2017 13:20

Sudah 79 Kejadian Bencana di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Tanah  longsor terjadi di Kelurahan Cibabat Kota Cimahi beberapa waktu lalu.
Tanah longsor terjadi di Kelurahan Cibabat Kota Cimahi beberapa waktu lalu. [Istimewa]

Limawaktu.id – Sepanjang 2017 hingga September,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi mencatat sudah ada 79 kejadian  bencana di Kota Cimahi, seperti banjir, kebakaran dan longsor.

Anggaran kesiapsiagan bencana Kota Cimahi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dinilai mencukupi. Tahun ini, Pemerintah Kota Cimahi menganggarkan Rp 400 juta untuk alokasi kesiapsiagan bencana di Cimahi.

"Kita ada alokasi sekitar Rp 400 juta untuk rehabilitasi (bencana)," sebut  Wawan Haryana, Sekretaris Badan Penanggungulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Rabu (25/10/2017).

Dijelaskannya, anggaran tersebut dipergunakan untuk membantu korban bencana, seperti pengadaan logistik dan rehabilitasi bangunan.

Namun, rehabilitasi bangunan atau rumah diberikan jika bangunan tersebut rusak karena bencana alam, seperti banjir, longsor dan gempa bumi. Tentunya juga setelah melalui berbagai tahapan, seperti assesment dari BPBD.

"Kita ada bantuan skala bencana, ada klasifikasinya. Kalau bencana kebakaran dan perumahan bukan di kami (BPBD)," kata Wawan.

"Estimasi di atas Rp 60 juta yang sudah kami keluarkan. Baru sampai logistiknya saja. Bantuan rehabilitasi rumah belum keluar, ada syaratnya. Misalnya rumah yang rusak terkena banjir, longsor, puting beliung," tambahnya. (kit)

Baca Lainnya