Selasa, 6 November 2018 11:56

Stok Darah RSUD Cibabat Aman, Bisa Suplai Sana-Sini

Reporter : Fery Bangkit 
Direktur RSUD Cibabat, Trias Nugrahadi.
Direktur RSUD Cibabat, Trias Nugrahadi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Direktur RSUD Cibabat, Trias Nugrahadi memastikan, stok darah cukup aman hingga akhir tahun 2018. Bahkan, stok darah yang tersedia cukup untuk mensuplai kebutuhan rumah sakit lain.

Berdasarkan data Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Cibabat, diperkirakan hingga akhir tahun stok darah yang tersedia mencapai 11.843 kantong. Dari jumlah itu, sebanyak 8.033 kantong untuk kebutuhan internal RSUD Cibabat dan 3.808 kantong untuk kebutuhan eksternal.

Baca Juga : Cara RSUD Cibabat Tumbuhkan Kepedulian Terhadap Sesama di Bulan Ramadan

"Ketersedian kita sangat cukup, bahkan kita mensuplai luar rumah sakit," kata Trias saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (6/11/2018).

Sedangkan untuk rata-rata produksi darah hingga September mencapai 7.628 kantong, dari total jumlah pendonor yang mencapai 11.111 jiwa. "Kalau rata-rata produksi darah per bulannya 849 kantung sampai September," terang Trias.

Baca Juga : Wali Kota Cimahi Dorong RSUD Cibabat Regenerasi Fasilitas Kesehatan

Dikatakan Trias, dalam pengelolaan stok darah ini, pihaknya berkolaborasi dengan instansi terkait, seperti Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cimahi. Terlebih lagi, UTD RSUD Cibabat sudah memiliki fasilitas lengkap dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Tujuannya, kata dia, agar pelayanan ketersediaan darah tetap optimal.

"Kita akan berkolaborasi bagaimana supaya optimal. Kami sudah sangat optimal mengelola darah dan sebagainya," katanya.

Baca Lainnya