Sabtu, 6 April 2019 11:20

Status KBB itu Siaga Bencana, Warga Diimbau Tetap Waspada!

Reporter : Fery Bangkit 
Sungai Cibitung Di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Sungai Cibitung Di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat telah menetapkan siaga bencana di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sebab, potensi bencana terutama saat musim hujan itu sangat tinggi.

"Pemda (pemerintah daerah) sejak Agustus (2018) sampai Mei (2019) masih menetapkan siaga banjir, banjir bandang dan longsor," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, Sabtu (6/4/2019).

Baca Juga : Waspada! Utara dan Selatan Cimahi Masuk Zona Merah Bencana

Wilayah KBB yang terdiri dari 16 kecamatan memang secara geografis dominan terdapat di dataran tinggi tebing dan lereng. Terutama di wilayah Lembang dan wilayah selatan seperti Cililin, Gunung Halu, Cipongkor dan Rongga.

"Dari hasil indeks risiko bencana, potensi nya tinggi. Seperti Lembang, cisarua, selatan potensinya tinggi," kata Duddy.

Dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi sejumlah peristiwa bencana alam di KBB. Terutama di wilayah selatan. Terakhir, bencana longsor terjadi di wilayah Desa Karyamukti dan Desa Nangerah Kecamatan Cililin.

Dampak dari longsoran itu, puluhan rumah mengalami kerusakan kecil, sedang hingga parah. Selain itu, sejumlah akses jalan dan jembatan juga sempat terputus akibat hujan deras.

Sebab KBB masih siaga bencana, Duddy mengimbau masyarakat tetap waspada. Terutama yang terdapat pada dataran tinggi. Terlebih lagi, berdasarkan prediksi BMKG, kata dia, dalam beberapa hari ke depan masih akan terjadi hujan deras.

"Kami imbau kepada masyarakat yang tinggal dilereng, kondisi curam untuk sentiasa waspada. Terutama saat curah hujan tinggi," imbuhnya.

Baca Lainnya