Jumat, 27 Januari 2023 7:24

Sri Mulyani Minta Bank BRI Jaga Indikator Kualitas UMKM

Penulis : Bubun Munawar
Menteri Keuangan Sri Mulyani jadi pembicara di Forum BRI Micrifinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).
Menteri Keuangan Sri Mulyani jadi pembicara di Forum BRI Micrifinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023). [Insragram@srimulyaniindrawati]

Limawaktu.id,- Sinergi instrumen keuangan negara – APBN,  UangKita  dengan para pelaku bisnis dapat mengamplifikasi pemulihan perekonomian negara.

Dalam hal ini, Bank BRI berperan bukan hanya sebagai lender kepada UMKM, namun juga memberdayakan UMKM untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitasnya.

“Saya sampaikan pada forum BRI Microfinance Outlook 2023, kita akan menghadapi tahun 2023 dengan penuh optimisme  meski tetap penuh kehati-hatian. Mengapa?. Di saat banyak negara perekonomiannya terpukul keras oleh kombinasi multi-krisis selama dua tahun kebelakang, perekonomian kita relatif baik (relatively in a good shape),” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani di Forum BRI Micrifinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).

Mneurutnya, Beberapa sektor terbukti cukup resilien, mulai telekomunikasi, kesehatan, hingga perdagangan  hal ini ditunjukkan penerimaan negara yang tumbuh hingga 30% pada tahun 2022 lalu.

Dari sisi belanja, kita jaga untuk tetap steady. APBN yang bekerja ekstra keras, pertumbuhan belanjanya terus tumbuh hingga 10-11%.

“Namun, saya pastikan sebagian sangat besar belanja ini adalah untuk menyokong kelompok masyarakat paling rentan 40% perekonomian lemah dan juga UMKM. Ini fokus kita, “ katanya.

Dikatakannya, memasuki 2023, jumlah subsidi KUR dinaikkan hingga Rp415 triliun. Jumlah yang sangat besar. Selain itu, belanja untuk UMKM meningkat hingga Rp45,8 triliun. Kita butuh UMKM yang kuat - tidak hanya masif secara kuantitas namun juga kompetitif secara kualitas!

“Saya harap BRI mampu berperan menjadi mitra pemerintah. Untuk menjaga indikator kualitas UMKM terus meningkat. Ini butuh afirmasi dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak. Sebagai penutup, saya sampaikan juga mengenai Environmental, Social, dan Governance (ESG), terus jaga kualitas dan juga ESG di BRI karena bankers adalah profesi dimana trust menjadi aspek paling penting! Teruslah menjadi bank kepercayaan rakyat Indonesia!,” katanya.

 

 

 

Baca Lainnya