Kamis, 29 Maret 2018 19:46

Spektrum Citarum Tanam Bunga di Situ Cisanti

Reporter : Jumadi Kusuma
Spektrum Citarum bersama beberapa komunitas mahasiswa dari berbagai Universitas melakukan aksi tanam bunga di Situ Cisanti (0 Km Citarum) pada Minggu (25/3/18).
Spektrum Citarum bersama beberapa komunitas mahasiswa dari berbagai Universitas melakukan aksi tanam bunga di Situ Cisanti (0 Km Citarum) pada Minggu (25/3/18). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Spektrum Citarum sebuah gerakan anak muda yang mendukung program pemerintah dalam merevitalisasi kelestarian ekosistem sungai Citarum yang dikenal Program Citarum Harum, nampaknya menggugah anak muda untuk memiliki kesadaran pentingnya kelestarian sungai dalam sendi kehidupan masyarakat yang menjadi tolak ukur peradaban suatu bangsa.

Hal itulah yang menginspirasi tiga orang mahasiswi Universitas Brawijaya Malang dan seorang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk menginisiasi sebuah gerakan yang kemudian diberi nama Spektrum Citarum.

Spektrum Citarum memulai kegiatannya dengan melakukan aksi tanam bunga di Situ Cisanti (0 Km Citarum) pada Minggu (25/3/18) bersama beberapa komunitas mahasiswa dari berbagai Universitas, diantaranya KOPHI Jabar, HMTL ITB, Komunitas Pendaki Gunung Regional Bandung, Satuan Komunitas Pramuka KBB, Klub Aktivis Pegiat dan Pemerhati Alam FIKOM UNPAD, Komunitas GOWES YON 1 ITB, HMTL Wasser Univ Kebangsaan Bandung, Kabinet KM ITB, Menwa YON XI, dan 7 Relawan para Pegiat Lingkungan di Jawa Barat.

Gabriela Henesti, Humas Spektrum Citarum, Rabu malam (28/3/18), menjelaskan bahwa Sungai Citarum adalah salah satu dari masalah yang ada di Indonesia, karenanya dibutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

"Semoga teman-teman relawan dan komunitas yang hadir dalam kegiatan penanaman bunga di Situ Cisanti dapat menjadi penggerak di lingkungannya masing-masing setelah pulang dari kegiatan ini dan kelak kawasan hulu sungai Citarum ini dapat menjadi tempat wisata yang dijaga baik oleh masyarakat,” tutur Bella.

Baca Lainnya