Rabu, 23 Oktober 2019 11:07

Sosok Li Dimata Warga, Operator Bor Pile yang Tewas Saat Kebakaran

Reporter : Fery Bangkit 
Foto istimewa Korban Li Xuanfeng (34)
Foto istimewa Korban Li Xuanfeng (34) [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Li Xuanfeng (34), Warga Negara Asing (WNA) asal China jadi korban peristiwa kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina pada Selasa (22/10/2019) di Kampung Mancong Korban merupakan pekerja di proyek Kereta Cepat">Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang sendang melakukan pengeboran jalur kereta cepat. Posisi terbakar sendiri tepat berada di jalur kereta cepat milik PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Ketua RW 01 Cecep Irfan Ali Akbar mengatakan, korban merupakan operator mesin bor pile yang tengah mengebor tanah pada jalur KCJB. Saat peristiwa nahas itu, Li Xuanfeng terjebak di dalam mesin tersebut. "Sementara kernetnya lari ke arah atas langsung menyelamatkan diri pas ada semburan api," ujar Cecep saat ditemui di lokasi, Rabu (23/10/2019)

Ia mengungkapkan, sesaat sebelum kejadian, korban sempat istirahat dan bercengkrama dengan rumah warga. Bahkan, Li menyempatkan diri video call dengan keluarganya di China. Setelah istirahat sejenak dan bercengkrama dengan warga, korban kembali bekerja. Selang beberapa menit kemudian, terjadilah peristiwa kebakaran itu.

"Sebelum kejadian vdeo call dulu sama keluarganya di Cina, dia (korban) pengen pulang ke sana," ucapnya. Ia menuturkan, korban berada di proyek KCIC itu sejak dua bulan lalu. Saat datang, korban langsung berinteraksi baik dengan warga sekitar meski dengan bahasa yang berbeda dan sulit dimengerti.

Korban dikenal sangat baik dan akrab dengan warga sekitar. Bahkan, ia sering ikut dalam sejumlah kegiatan warga apabila tengah tidak melakukan pekerjaannya. "Ketemu saya juga sering menyapa. Kenal sama anak-anak, ikut ngobrol sama warga. Dia pakai Bahasa Cina pakai translete di handphone," terang Cecep.

Baca Lainnya