Jumat, 17 Agustus 2018 14:40

Soal Uji KIR, Kota Cimahi 'Pede' Dapat Akreditasi B

Reporter : Fery Bangkit 
Sejumlah Kendaraan Tengah Melakukan Uji KIR di UPT PKB Kota Cimahi, Jln. HMS Mintaredja.
Sejumlah Kendaraan Tengah Melakukan Uji KIR di UPT PKB Kota Cimahi, Jln. HMS Mintaredja. [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Tempat pengujian kendaraan atau Uji KIR di Kota Cimahi diklaim pantas mendapatkan Akreditasi tipe B dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Hal tersebut dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Asep Rahmat Rio saat dihubungi via sambungan telepon, Jum'at (17/8/2018).

Baca Juga : Potensi PAD Hilang, Organda Desak Pemkab Bandung Barat Bikin Tempat Uji KIR

"Kalau di lihat dan disesuaikan dengan kualifikasi, Kota Cimahi sudah masuk kategori B," kata Asep.

Asep menjelaskan, kelengkapan dan persyaratan uji KIR yang berlokasi di Jalan HMS Mintaredja itu sudah sesuai dengan kualifikasi tipe B yang disebutkan dalam Peraturan Dikertorat Jenderal Perhubungan Darat tentang Perubahan Atas Peraturan Dikertorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.1471/AJ.402/DRJ/2017 tentang Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor.

Baca Juga : Sempat Ditutup, Tempat Uji KIR di Kota Cimahi Kembali Dibuka

"Kita sudah lengkap alatnya sekarang. Ada alat uji emisi, alat pengecekan rem, speedo meter, alat uji kebisingan suara, alat pengukuran kedalaman ban, alat uji daya tembus cahaya pada kaca," jelasnya.

Selain itu, lanjut Asep, UPT PKB Kota Cimahi juga telah dilengkapi alat pendukung lainnya, seperti genset.

Untuk saat ini, UPT PKB Kota Cimahi masih menunggu hasil kalibrasi dan akreditasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI.

Persyaratan akreditasi itu dikirimkan pasca tempat uji KIR di Kota Cimahi dibekukan beberapa waktu lalu dikarenakan belum memenuhi syarat. Namun, untuk saat ini, kata Asep, semua persyaratan yang dianggap kurang sudah dilengkapi semua.

"Dari segi alat sudah memenuhi syarat. Sekarang kita sedang menunggu hasil akreditasi," ujarnya.

Namun, sambil menunggu hasil akreditasi, tegas Asep, tempat pengujian KIR di Kota Cimahi diizinkan beroperasi kembali sejak Rabu (15/8/2018) karena dianggap memiliki itikad baik untuk melengkapi peralatan yang kurang.

Baca Lainnya