Rabu, 24 Januari 2018 16:31

Skema Pensiun PNS Belum Jelas, Pemkot Cimahi Masih Pakai Aturan Lama

Reporter : Fery Bangkit 
Kantor BKD Kota Cimahi
Kantor BKD Kota Cimahi [Limawaktu]

 

Limawaktu.id - Wacana perubahan skema pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih membingungkan pemerintah Kota Cimahi.

Pasalnya, dalam aturan terbaru yakni Peraturan Pemerintah Nomor (PP) 11 Tahun 2017 tentang Pemberhentian PNS tidak ada aturan detail tentang pemberian gaji pensiun. Sementara dalam ketentuan itu diperbolehkan mengajukan penisun di usia 45 tahun dengan masa kerja 20 tahun. Namun untuk gaji penuh tetap diberikan saat usia 50 tahun.

Sementara, dalam aturan lama yakni PP Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian PNS, usia boleh pensiun itu 50 tahun dengan masa kerja 20 tahun dan langsung mendapatkan hak penuh.

"Jadi saya juga bingung kalau ada teman (PNS) yang mau mengajukan pensiun usia 45 tahun, masa kerja 20 tahun. Aturan membolehkan, tapi gaji tidak dikeluarkan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Rabu (24/1/2018).

Jadi, kata Harjono. untuk sementara ini, Pemerintah Kota Cimahi masih mengekor pada aturan lama soal pemberian hak para pensiunan PNS. 

Meski tidak akan mendapatkan hak penuh, lanjut Harjono, bila ada PNS yang akan mengajukan pensiun diusia 45, akan mendapatkan uang tunggu. Uang tunggu yang akan didapat ditahun pertama ialah sebesar 80%. Sedangkan usia tunggu hingga 50 tahun sebesar 50%.

"(Setelah usia 50 tahun) baru nanti dapat pensiun penuh, maksimal 75% dari gaji pokok," ujar Harjono.

 

Baca Lainnya