Selasa, 8 Januari 2019 13:34

Situ Ciburuy Mulai Digarap, dapat Kucuran Rp 30 Miliar dari Provinsi

Reporter : Fery Bangkit 
 Peninjauan langsung Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Dinas Sumber daya Air Provinsi Jawa Barat, Selasa(8/1/2019).
Peninjauan langsung Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Dinas Sumber daya Air Provinsi Jawa Barat, Selasa(8/1/2019). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menyebutkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap menggelontorkan Rp 30 miliar untuk penataan Situ Ciburuy, Bandung Barat.

Langkah awal dilakukan dengan peninjauan langsung Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Dinas Sumber daya Air Provinsi Jawa Barat, Selasa(8/1/2019).

"Kurang lebih Rp 30 Miliar, itu menata luar dulu bagian muka. Kuliner dipusatkan satu area, kampung bunga dan gedung kreatif untuk pelaku seni dan budaya," jelas Aa.

Dirinya berharap, dalam waktu dekat pengerjaan mulai dilakukan dan diprediksi tahun 2020 penataan selesai. Namun, untuk menata keseluruhan Situ Ciburuy dibutuhkan kurang lebih Rp100 miliar.

"Itungan saya untuk menata semua butuh Rp100 miliar. Seperti untuk pulau, pelebaran jalan dan penunjang wisata lainnya. Tetapi dengan bantuan anggaran ini kami yakin akan menjadi destinasi wisata baru mengurai wisata Lembang," papar Aa.

Aa Umbara sangat mengapresiasi rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menata situ bersejarah itu. Sebab, dengan penataan, pihaknya meyakini Situ Ciburuy bisa menjadi ikon Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Yang pertama ingin saya sampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Saya yakin kedepan Situ Ciburuy menjadi maskot wisata setelah Lembang di Kabupaten Bandung Barat," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dalam akun instagramnya telah memposting pada 30 Desember 2018 terkait rencana penataan situ atau danau Ciburuy. Menurutnya, Situ Ciburuy yang menjadi inspirasi lagu 'Bubuy Bulan' akan mulai konstruksi penataannya awal 2019.

"Situ Ciburuy terkenal di lagunya Bubuy Bulan laukna hese dipancing, nanti mah lagunya harus direvisi karena ikannya akan mudah dipancing," tulisnya di instagramnya.
Penataan Situ Ciburuy ini, kata Emil sapaan Ridwan Kamil bagian dari 40 program destinasi strategis pariwisata Jawa Barat sekaligus hadiah untuk warga Jabar.

Baca Lainnya