Selasa, 1 Januari 2019 16:31

Sisa Perayaan Tahun Baru 2019 di Cimahi, adakah Tumpukan Sampah?

Reporter : Fery Bangkit 
Tempat Pembuangan Sementara (TPS).
Tempat Pembuangan Sementara (TPS). [Istimewa/limawaktu]

Limawaktu.idperayaan malam pergantian Tahun Baru 2019 di Kota Cimahi meninggalkan sisa sampah. Namun, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi belum merinci jumlah volume sampahnya.

"Biasanya persentasi kenaikan volume sampah setelah tahun baru itu kecil, normal. Jadi petugas pun tidak pernah kerepotan untuk mengangkut sampah setelah perayaan tahun baru," kata Kepala UPT Kebersihan DLH Kota Cimahi, Usep Koswara dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (1/1/2019).

Baca Juga : Gelar Ramp Check Dipenghujung Tahun, Dua Kendaraan Dikandangkan Petugas Gabungan

Meski begitu, pihaknya mengklaim tidak ada peningkatan volume sampah yang signifikan setelah perayaan Tahun Baru 2019 di sejumlah wilayah Kota Cimahi.

Pasalnya Kota Cimahi merupakan wilayah yang relatif kecilnya, sehingga masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun tidak terlalu banyak karena lebih memilih ke daerah lain seperti Kota Bandung.

Baca Juga : Jelang Pergantian Tahun, Sabhara Polres Cimahi Sita 300 Miras Ilegal

Atas hal tersebut, sampah di sejumlah tempat keramaian seperti Alun-alun Cimahi yang digunakan untuk perayaan Tahun Baru 2019 tidak menimbulkan peningkatan volume sampah yang signifikan.

"Setiap tahun baru peningkatannya biasa aja, persentasenya paling hanya naik sedikit atau tidak terlalu signifikan. Kecuali kalau setelah Idul Fitri baru ada peningkatan yang signifikan," ujar Usep.

Ia mengatakan, petugas kebersihan Kota Cimahi biasanya mengangkut 200 hingga 250 sampah perhari dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat.

Sementara, jumlah petugas yang ada di UPT persampahan, kata Usep, saat ini berjumlah 221 orang, sehingga untuk mengangkut sampah di 15 kelurahan di Kota Cimahi masih ideal.

"Sedangkan kendaraan operasionalnya saat ini ada 35 kendaraan jadi untuk mengangkut sampah ke TPA setiap hari tidak ada kendala, begitupun setelah perayaan tahun baru," tandas Usep.

Untuk pelayanan sampah di Kota Cimahi, lanjutnya, hingga saat ini diklaim telah mencapai 87 persen yang meliputi pelayanan dan penanganan sampah.

"Alhamdulillah untuk pelayanan dan pengangkutan sampah hingga ke TPA tidak ada kendala apapun," ucapnya.

Baca Lainnya