Selasa, 22 September 2020 21:10

Simpang Siur Informasi, Rumah Desain dan Kemasan Cimahi Terbengkalai

Reporter : Bubun Munawar

Kota Cimahi - Rumah Desain dan Kemasan Cimahi (RDKC) yang pernah dibanggakan Pemkot Cimahi, sudah sekitar tiga tahun ini terbengkalai. Pantauan dilapangan menunjukan, beberapa bagian dari bangunan RDKC tersebut sudah dalam kondisi rusak.

Menurut Yana Wiatna, Ketua RT 12 RW 09 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, awalnya RDKC dibangun untuk mengembangkan ekonomi kecil menengah di Kota Cimahi terkait dengan pembuatan desain dan kemasan produk usaha kecil menengah, keberadaannya sempat berjalan sekitar satu tahun.

“Setelah ada pergantian kepemimpinan di Kota Cimahi lalu RDKC berubah fungsinya menjadi sekolah, saat itu bangunan disewakan kepada SMK Kesehatan Global dan berjalan sekitar dua tahun,” ungkap Yana, Selasa (22/9/20200 .

Dikatakan Yana, sehabis dikontrak oleh SMK Global, sejak sekitar 2017 lalu, kondisi bangunan RDKC dalam kondisi terbengkalai, bahkan belum jelas siapa yang instansi yang bertanggungjawab mengelola RDKC tersebut, untuk hal itu pihaknya pernah melakukan konfirmasi kepada Pemkot Cimahi tetapi informasinya simpang siur.

“Ada yang menyatakan jika yang mengelola RDKC adalah Dinas pertanian, ada juga yang lain, informasi yang kami terima jadi simpang siur,” katanya.

Yana berharap agar ada kejelasan apakah RDKC itu akan difungsikan kembali atau bagaimana, sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya.

Warga di sekitar lokasi bangunan RDKC menginginkan agar bisa berfungsi kembali sehingga bisa menampung tenaga kerja sekitar, atau kalaupun tidak warga setempat bisa melakukan pengelolaan, sehingga gedung tersebut bisa bermanfaat bagi warga.

“Kami harapkan agar ada kejelasan apakah akan difungsikan kembali atau tidak,” papar Yana.

Hal yang sama disampaikan Kepala Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan, Agus Mamidin. Pihaknya berharap agar RDKC bisa difungsikan kembali supaya bisa membantu para pelaku usaha kecil dan menengah dalam hal desain dan kemasan produk usahanya. Namun, hingga saat ini pihak kelurahan belum mendapatkan informasi terkait dengan RDKC tersebut.

“Kami berharap agar RDKC bisa kembali berfungsi agar bisa membantu para pelaku usaha baik makanan ataupun minuman, tetapi meskipun berada di wilayah Kelurahan Leuwigajah, kami belum menerima informasi lebih lanjut,” pungkasnya. 

Baca Lainnya