Jumat, 15 Januari 2021 13:05

Siap-siap, Bakal ada Lagi Vaksin Gratis di Cimahi, Tapi untuk Hewan

Reporter : Fery Bangkit 
Pemberian Vaksin Terhadap Unggas di Kota Cimahi
Pemberian Vaksin Terhadap Unggas di Kota Cimahi [limawaktu.id]

Limawaktu.id - Dinas  Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menyiapkan 1.400 dosis vaksin rabies dan flu burung, untuk melakukan vaksinasi massal hewan penyebar kedua virus tersebut.

 "Kita siapkan untuk vaksin rabies sebanyak 800 dosis, dan vaksin flu burung 600 dosis," kata Kepala Bidang Pertanian pada Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari saat ditemui, Jumat (15/1/2021).

 Menurut Mita, untuk vaksin rabies tahun ini jumlahnya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya selalu sama dengan vaksin flu burung, yakni 600 dosis. Penambahan dosis khusus vaksin rabies itu berdasarkan evaluasi tahun lalu.

 "Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan vaksin rabies ditahun sebelumnya, dari target 600 dosis suka kurang. Jadi kita suka minta bantuan ke provinsi. Sehingga untuk mengantisipaai kekurangan vaksin, maka di 2021 kita tambah alokasinya," beber Mita.

Pelaksanaan vaksin rabies dan flu burung tahun ini kemungkinan akan berlangsung mulai Februari mendatang. Pelaksanannya akan dilakukan di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di masing-masing kelurahan  yang dipusatkan di satu lokasi. Untuk itu pihaknya menyebarkan surat edarkan ke kelurahan untuk konfirmasi penjadwalan pelaksanaan vaksinasi.

Sasaran vaksin rabies dan flu burung diantaranya anjing, kucing, musang, monyet, ayam, bebek, entog, dan angsa. "Warga banyaknya yang bawa kucing, anjing, dan ayam. Tahun kemarin ada juga monyet," ucap Mita.

 Vaksin yang diadakan rutin setiap tahun ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Masyarakat yang ingin memanfaatkan nantinya tinggal dating ke lokasi yang sudah disiapkan.

 Diakuinya, setiap diadakan vaksinasi, animo masyarakat untuk memvaksin hewan peliharaanya cukup tinggi. Terbukti setiap pelaksanaan jumlahnya bisa mencapai puluhan. 

 "Masyarakat cukup antusias. Kita ngga batasi, selama vaksinnya tersedia, kalau target 'kan 800 dosis, tapi kalau kurang kita bisa koordinasi minta bantuan provinsi," ujarnya.

 Diakui Mita, tahun lalu tidak semua kelurahan dilakukan vaksinasi karena awal mewabahnya Covid-19. Pihaknya hanya bisa vaksinasi di 8 kelurahan yakni Cipageran, Cteureup, Cibabat,  Cimahi, Karangmekar, Setiamanah, Cibeureum, dan Padasuka.

 "Karena pada awal-awal pandemi pernah diberhentikan karena COVID-19. Baru sekitar bulan Oktober kita kembali melakukan vaksinasi ke kelurahan. Mudah-mudahan tahun 2021 bisa dilaksanakan di 15 kelurahan," ujar Mita.

Baca Lainnya

Topik Populer