Selasa, 18 Agustus 2020 18:32

Si Garong Sial Lagi, Kali Ini Terancam 7 Tahun Penjara

Reporter : Fery Bangkit 
Asep Mulyana (25) dan Gugun (33)  Saat Diamankan Di Mapolres Cimahi.
Asep Mulyana (25) dan Gugun (33) Saat Diamankan Di Mapolres Cimahi. [Foto Istimewa]

Cimahi - 'Si Garong' lagi-lagi harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pelaku dengan nama asli Asep Mulyana (25) ditangkap Unit Reserse Kriminal Poslek Padalarang usai kembali mencuri sepeda motor.

Sebelum ditangkap pada 12 Agustus lalu, 'Si Garong' sudah keluar masuk penjara dua kali. Pertama, pria asal Cianjur tersebut dihukum selama satu tahun. Kedua, selama setahun setengah dan baru keluar Desember 2019.

Tak hanya menangkap Garong, jajaran Unit Reserse Kriminal Polsek Padalarang, yang dibantu Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi juga menangkap Gunawan alias Gugun (33) yang berperan sebagai penadah.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengungkapkan, pelaku ditangkap lagi usai diketahui melakukan pencurian di wilayah hukum Polres Cimahi. Salah satunya di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Saat ditangkap, pelaku mengaku beberapa kali melakukan pencurian motor dan rumah kosong. TKP di wilayah hukum Polres Cimahi dan Cianjur," ungkap Yoris saat gelar perkara di Mapolsek Padalarang, Selasa (18/8/2020).

Khusus pelaku Garong, terang Yoris, sudah cukup lama menjadi pencuri sepeda motor. Hal tersebut dibuktikan dengan ratusan Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang sudah dijajah pelaku.

Kemudian, Garong juga sudah dua kali masuk penjara akibat perbuatan yang serupa. Dalam melakukan aksinya, pelaku mengincar sepeda motor yang sedang terparkir, kemudian menggasaknya dalam waktu 2 menit menggunakan kunci astag.

"Sampai saat ini terdata sudah mengakui sebanyak kurang lebih 100 TKP yang dilakukan. Barang bukti yang kita sita ada 16 unit," terang Yoris.

Pihaknya akan terus mengembangkan lagi kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang melibatkan Garong dan Gugun. Sebab, masih ada tiga pelaku lainnya berinisial DA, AP dan BD yang masih buron atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Atas perbuatannya, Garong diancam Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan Gugun disangkakan Pasal 480 jo 481 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

"Kita masih melakukan pencarian terhadap beberapa orang DPO. Tim gabungan sedang melakukan investigasi penyelidikan," pungkas Yoris.

Baca Lainnya