Kamis, 21 Februari 2019 18:47

Setelah Dua Kali Meleset, Pemkot Cimahi 'Ngeles' Apa Lagi Soal Sakoci?

Reporter : Fery Bangkit 
Bus Sakoci Kota Cimahi.
Bus Sakoci Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Bagi warga Cimahi dan sekitarnya harus lebih bersabar lagi untuk berwisata menggunakan bus Saba Kota Cimahi (Sakoci).

Pasalnya, bus wisata hibah dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu urung dikomersilkan hingga saat ini. Bus tersebut urung di-launcing secara resmi dengan berbagai alasan. 

Baca Juga : Namanya Wisata Heritage Cimahi, Jangan Sampai Makan di Bandung

Awalnya, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi merencanakan bus Sakoci diluncurkan tanggal 19 Januari 2019. Namun, rencana itu urung terealisasi.

Alasannya, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna menginginkan bus itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti penyediaan televisi untuk memutar film-film bertema Kota Cimahi dan buku-buku berisi sejarah Cimahi. 

Baca Juga : Mau Naik Sakoci, ini Besaran Tarif dan Jumlah Rutenya!

Kemudian, rencana launching pun diubah menjadi 10 Februari lalu. Namun, rencana itu lagi-lagi meleset. Sakoci pun belum bisa digunakan untuk mengantar wisatawan berkeliling Kota Cimahi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja mengaku bahwa sebenarnya Sakoci sudah siap diluncurkan. Namun, karena ada acara lain yang jadwalnya berbarengan dan harus dihadiri oleh Wali Kota Cimahi, maka terpaksa launching pun harus kembali tertunda.

Baca Juga : Parah! Warga Cireundeu Belum Diberitahu Cimahi Military Tourism, Padahal....... 

"Dulu mundur karena memang ada fasilitas yang harus dilengkapi yang disarankan pak wali untuk kenyamanan penumpang. Dan itu kan butuh proses. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah selesai," ungkap Budi, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis (21/2).

Menurut Budi, rencananya pada 24 Februari mendatang, pihaknya lagi-lagi merencanakan peluncuran Sakoci. Tapi, sepertinya akan kembali batal mengingat berbarengan dengan acara Kawin Cai.

"Rencanaya, 3 Maret (pelaksanaan launching) untuk tempat di car free day. Jadi enggak usah lagi mengumpulkan masa," tandasnya.

Baca Lainnya