Minggu, 2 Oktober 2022 0:32

Setelah 2 Tahun, Flyover Kopo Resmi Digunakan

Reporter : Iman Nurdin
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memantau setelah meresmikan jalan flyover Kopo pada Sabtu, (1/10)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memantau setelah meresmikan jalan flyover Kopo pada Sabtu, (1/10) [Iman Nurdin]

Bandung (Limawaktu.id), - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya meresmikan jembatan layang (flyover) Kopo, Bandung, Sabtu (1/10/2022). Peresmian ini menjadi masa pembangunan tepat 2 tahun. 

"Setelah memulai pembangunan flyover ini pada Oktober 2020, akhirnya bisa berdiri dan dimanfaatkan oleh para warga, " kata Ridwan Kamil.

Flyover yang membentang 1,7 Km ini, kata Ridwan Kamil, upaya pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi kemacetan yang biasa terjadi di kawasan tersebut. Titik kemacetan ini awalnya di perempatan Caringin, Kopo- Sukarno Hatta (Bypass),  Cibaduyut, dan terminal Leuwipanjang.

"Biaya infrastruktur ini berasal dari Rp288 miliar dari APBD Jabar dan Rp141 miliar dari pusat. Alhamdulillah sudah laik jalan setelah dites beberapa waktu lalu, " paparnya.

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, rencananya akan dibangun selanjutnya flyover Buah Batu - Kiaracondong. Rencana ini sudah disetujui oleh pusat. Rencana proyek buah batu - Kiaracondong ini paling panjjang, lebih dari 2KM,

"Kita masih menghitung terkait pembebasan lahan. Itu yang paling besar, " imbuh Emil.

Infrastruktur lainnya, Emil menargetkan Desember 2022 ini sudah dibuka masjid Alj Jabbar. Hal ini sekaligus pembukaan akses pintu tol KM149.

Sementara itu, Emil memaparkan pula rencana pembangunan flyover Garuda yang melintasi jalur kereta api. Rencana pembangunan flyover Garuda ini seiring dengan mulai dijalankannya kereta api cepat yang hilir mudik kereta api, membutuhkan solusi bagi kendaraan.

"Bukan hanya flyover, kita juga masih mewacanakan pembangunan underpass Cibiru, " paparnya.

Selain itu, aktivasi Bandara Internasional Kertajati  akan digunakan untuk penerbangan umroh. "Jadi para jamaah haji umroh dari Jawa Bagian barat  akan berangkat di sana, " ujarnya.

Baca Lainnya

Topik Populer