Sabtu, 26 Desember 2020 12:25

Sesuai Harapan Bupati Aa Umbara, Wisata di Lembang Beneran Sepi

Reporter : Fery Bangkit 
Arus Lalu Lintas di Kawasan Lembang Bandung Barat
Arus Lalu Lintas di Kawasan Lembang Bandung Barat [limawaktu]

Lembang - Harapan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna agar objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sepi pengunjung terkabul.

Pasalnya, berdasarkan pantauan pada Sabtu (26/12/2020), sejumlah objek wisata di Lembang masih terpantau lengang. Padahal, pekan ini adalah libur panjang Natal 2020.

Pengelola objek wisata The Great Asia Afrika, Wawan Setiawan mengatakan, salah satu sepinya kunjungan wisata ke Lembang dikarenakan adanya syarat penggunaan rapid test antigen yang dianjurkan Pemprov Jabar.

"Kondisi sangat sepi. Padahal biasanya libur panjang moment peningkatan kunjungan. Mungkin karena syarat rapid test antigen, wisatawan enggak mau ribet," ujar Wawan.

Dalam sepekan terakhir, kata dia, kunjungan wisatawan ke The Great Asia Afrika mencapai 3 ribu orang. Padahal jika sedang normal, jumlah tersebut bisa diraih dalam sehari.

"Kemarin saat natal itu sampai 1.500 kunjungan, tapi setelah ada informasi wajib rapid test antigen menurun lagi," ujarnya.

 Sebelumnya, dirinya berharap objek wisata di Bandung Barat mengalami penurunan. Hal itu dikatakannya sebagai antisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19.

"Syukur-syukur bisa turun (kunjungan wisata) bisa lebih bagus untuk memutus mata rantai," kata Aa Umbara.

Pihaknya sendiri belum mengikuti arahan dari pemerintah untuk mengecek surat hasil rapid test antigen wisatawan karena masih menunggu surat edaran dari Pemkab Bandung Barat. 

"Kita belum mengecek hasil rapid antigen, tapi antisipasinya kita lakukan penerapan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kalau soal rapid antigen, menunggu arahan dulu saja," bebernya.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyebut pihaknya turut serta memberlakukan syarat wajib rapid test antigen bagi wisatawan yang berkunjung selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Untuk instruksi gubernur soal rapid test antigen kita harus menyesuaikan. Itu juga untuk mencegah penyebaran COVID-19," ungkap Umbara.

Umbara menyebut kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Lembang cenderung menurun. Namun menurutnya, hal itu bagus untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Wisatawan takut juga ke sini, agak riskan karena COVID-19. Memang menurun juga kunjungan, tapi bagus untuk pencegahan. Mudah-mudahan bisa zona kuning," tandasnya.

 



Baca Lainnya