Selasa, 6 Juni 2023 18:55

Seratus Ribu Ikan Nila ditebar di Situ Mekarsari Purwakarta

Penulis : Bubun Munawar
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menebar seratus ribu benih ikan nila di pada situ yang terletak di Kampung Mekarsari. Selasa ))6/5/2023)
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menebar seratus ribu benih ikan nila di pada situ yang terletak di Kampung Mekarsari. Selasa ))6/5/2023) [Instagram]

Limawaktu.id,- Pemkab Purwakarta melalui Dinas Perikanan dan Peternakan memulai program Restocking benih ikan pada embung air atau situ-situ yang ada di Purwakarta.

“Hari ini dimulai di Desa Citalang sebanyak seratus ribu ekor ikan nila telah ditebar pada situ yang terletak di Kampung Mekarsari,” sebut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Selasa (6/6/2023).

Dia berharap, Diharapkan dalam beberapa bulan ke depan, benih ikan yang hari ini ditebar bisa menjadi salah satu sumber protein hewani bagi masyarakat. Selain itu, ternyata embung ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar menjadi tempat budidaya ikan air tawar.

Wanita yang akrab disapa Ambu Anne ini menjelaskan, restocking benih ikan Ini adalah bagian dari program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta. Semoga restocking ikan ini bisa menjadi sumber penyedia protein bagi masyarakat Purwakarta kedepannya.

“ Selain itu, ikan-ikan bisa digunakan untuk pengecekan kualitas air, kalau ikanya hidup berarti kualitas airnya sehat.” jelasnya.

Restocking benih ikan diperairan umum ini untuk mengembalikan populasi ikan endemik lokal seperti ikan nila. Ini diharapkan mampu menjaga populasi ikan di kawasan Kabupaten Purwakarta.

Selain bermanfaat secara ekonomis dan ketahanan pangan hewani, ikan nila juga bisa menjadi sumber gizi yang baik bagi masyarakat. Tingginya kandungan omega dari ikan nila, bisa membantu mencegah stunting yang kini menjadi perhatian pemerintah.

"Kegiatan ini merupakan awal dari restocking yang dimulai dari Desa Citalang yang kebetulan ada embung air atau situ, sehingga beberapa beberapa bulan kedepan ikan-ikan tersebut akan menjadi pengadaan gizi dan protein hewani untuk masyarakat sekitarnya juga sebagai ketahanan gizi masyarakat," kata Ambu Anne.

Baca Lainnya