Senin, 20 Agustus 2018 17:50

Sempat Mangkrak Setahun, Flyover Padasuka Cimahi Tinggal Nunggu Uji Kelaikan

Reporter : Fery Bangkit 
Flyover Padasuka menunggu Uji Kelaikan, Sebelum dapat digunakan.
Flyover Padasuka menunggu Uji Kelaikan, Sebelum dapat digunakan. [Fery Bangkit / Limawaktu.]

Limawaktu.id - Meski sudah tuntas, Flyover Padasuka, Kota Cimahi hingga kini belum bisa dilintasi oleh kendaraan.

Pemerintah Kota Cimahi masih masih menunggu pemeriksaan dari Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Puslitjatan) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapatkan surat kelaiakan.

Baca Juga : Warga Heran Flyover Padasuka tak Kunjung Selesai

"Setelah keluar rekomendasi dari mereka, baru jalan tersebut bisa digunakan," kata Wilman Sugiansyah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cimahi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Senin (20/8/2018).

Dikatakannya, surat uji kelaikan flyover Padasuka telah dilayangkan pada 16 Agustus 2018. Pihaknya berharap berharap, untuk uji kelaikan segera dilaksanakan.

Baca Juga : Meski Belum Tuntas, Rambu Petunjuk Arah Sudah Terpasang di Flyover Padasuka

"Berharap sesudah ada pemeriksaan ditargetkan paling cepat awal September sudah dapat digunakan," ujar Wilman.

Disela menunggu uji kelaikan, klaim Wilman, pihaknya tetap melaksanakan pemeliharaan. Pihaknya meyakini tak ada ada rekomendasi dari hasil uji kelaikan dan pemeriksaan nanti.

Baca Juga : Lanjutan Flyover Padasuka Terhenti 21 Hari, ini Penyebabnya

Perihal kelengkapan flyover seperti rambu dan marka serta pengaturan lalu lintas, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi dan Satlantas Polres Cimahi.

"Kami juga akan konfirmasi kepihak Dishub dan Polres yang mempunyai kewenangan secara lalu lintas," tandasnya.

Sekedar informasi, flyover Padasuka dibangun sejak akhir 2016 atau saat Atty Suharti masih menjabat sebagai Wali Kota Cimahi. Pembangunan harus terhenti sementara dikarenakan ada himbauan dari PT KAI untuk tidak ada aktifitas pembangunan di sekitar lintasan kereta api saat memasuki natal dan tahun baru.

Flyover Padasuka sendiri tepat berdiri di atas perlintasa kereta api.

Kemudian, pembangunan pun direncanakan dilanjutkan tahun 2017. Namun, selama tahun 2018, flyover Padasuka tak kunjung tuntas dengan berbagai alasan. Barulah pertengahan tahun 2018 pembangunan bisa benar-benar dilanjutkan dan tuntas. Anggaran yang digunakan mencapai Rp 17 miliar.

Baca Lainnya