Rabu, 21 Februari 2024 15:59

Sempat Down Jaringan, PPK Cimahi Selatan Lakukan Penambahan Wifi

Penulis : Bubun Munawar
Penghitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Cimahi Selatan berlangsung di Basemen Cimahi Technopark, Rabu (21/2/2024)
Penghitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Cimahi Selatan berlangsung di Basemen Cimahi Technopark, Rabu (21/2/2024) [Limawaktu.id]

Limawaktu.id, Kota CimahiPanitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cimahi Selatan hingga pukul 14.00 WIB, Rabu (21/2/2024) baru menyelesaikan penghitungan suara Pemilu 2024 di 17 TPS yang ada.

“Hari ini kami baru menyelesaikan perhitungan suara untuk 17 TPS di Kecamatan Cimahi Selatan,” terang Ketua PPK Cimahi Selatan, M Darfi, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, sesuai dengan arahan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi pihaknya baru melaksanakan penghitungan untuk 4 Kelurahan, dari 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Cimahi Selatan, yaitu Kelurahan Cibeber, Kelurahan Leuwigajah, Kelurahan Cibeureum dan Kelurahan Melong.

Dia menjelaskan, pada perhitungan suara Selasa kemarin, sekitar pukul 17.30,  sempat terjadi down jaringan sehingga perhitungan suara pemilu sempat terhenti. Namun untuk hari ini kondisi jaringan kembali normal.

“Selasa kemarin sempat down jaringan, sehingga perhitungan suara sempat terhenti, namun hari ini setelah dilakukan penambahan jaringan wifi, pelaksanaan penghitungan suara berjalan dengan lancar,” jelasnya.

 Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Cimahi Jusapuandy mengatakan, pelaksanaan penghitngan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Cimahi Selatan pada hari ketiga berjalan dengan lancar. Untuk penghitungan suara memang baru dilakukan untuk empat kelurahan di Kecamatan Cimahi Selatan, karena pihak Bawaslu kekurangan SDM untuk melakukan pengawasan.

“Panwas di Kecamatan Cuma ada tiga orang ditambah dengan Pengawas di Kelurahan, jadi kita lakukan penghitungan untuk 4 kelurahan dulu,” katanya.

Pada pleno rekapitulasi hari kedua ini, Panwaslu Kecamatan yang mengikuti jalannya pleno melaporkan sejumlah masalah saat membuka C hasil pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Cimahi.

Seperti di Cimahi Tengah, masalah ditemukan karena adanya salah penjumlahan perolehan suara oleh KPPS TPS 07 Kelurahan Baros.

Pembacaan C hasil TPS 16 untuk pemilihan anggota DPD RI sempat dihentikan pada Pukul 17.45 WIB karena jaringan Sirekap Jawa Barat sempat down. Penghitungan kembali dilakukan setelah jaringan normal kembali.

Permasalahan yang sama juga terjadi di Cimahi Utara dan Cimahi Selatan. Di Cimahi Selatan, masalah yang  muncul yakni kesalahan penjumlahan suara, kesalahan penulisan jumlah DPT dan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih. Server Sirekap juga down sekitar Pukul 18.50 WIB.

Baca Lainnya