Jumat, 17 Agustus 2018 13:35

Sempat Ditutup, Tempat Uji KIR di Kota Cimahi Kembali Dibuka

Reporter : Fery Bangkit 
Sejumlah Kendaraan Tengah Melakukan Uji KIR di UPT PKB Kota Cimahi, Jln. HMS Mintaredja.
Sejumlah Kendaraan Tengah Melakukan Uji KIR di UPT PKB Kota Cimahi, Jln. HMS Mintaredja. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Tempat pelayanan pengujian kendaraan berkala atau Uji KIR di Kota Cimahi kembali dibuka sejak Rabu (15)8/2018).

Sebelumnya, tempat uji KIR di Kota Cimahi di Jalan HMS Mintaredja ditutup sementara oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI. Pasalnya, saat kalibrasi dan akreditasi, ada beberapa alat uji KIR yang tengah rusak.

Baca Juga : Tak Lolos, UPT PKB Kota Cimahi 'Ngebet' Ajukan Akreditasi Uji KIR

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Cimahi, Asep Rahmat Rio mengatakan, Kemenhub mengizinikan pihaknya untuk membuka kembali pelayanan uji KIR lantaran sudah melengkapi dokumen kekurangannya.

"Kemarin udah dibuka. Udah lengkap peralatan, sudah bisa dipertanggungjawabkan," kata Asep saat dihubungi via sambungan telepon, Jum'at (17/8/2018).

Baca Juga : Potensi PAD Hilang, Organda Desak Pemkab Bandung Barat Bikin Tempat Uji KIR

Saat tim akreditasi dari Kemenhub RI melakukan kalibrasi beberapa waktu lalu, jelas Asep, ada beberapa alat uji KIR yang rusak. Seperti alat uji emisi dan alat uji lampu.

"Sekarang sudah diganti baru alat uji emisi 1(satu) set. Lampunya juga robotik sekarang," terangnya.

Sebetulnya, lanjut Asep, pihaknya kerap melakukan pemeliharaan terhadap semua alat uji KIR. Dalam setahun, anggaran yang disiapkan khusus pemeliharaan mencapai Rp 70 juta.

"Rp 70 juta untuk pemelihaaarn termasuk, kalibrasi," tandasnya.

Baca Lainnya