Sabtu, 20 Februari 2021 11:55

Selasa Pekan Depan, Comand Center Kabupaten Sumedang Diresmikan Menpan RB

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berada di Ruang Comand Centre, Sabtu (20/2/2021).
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berada di Ruang Comand Centre, Sabtu (20/2/2021). [Istimewa]

Limawaktu.id, Comand Center yang ada di lantai III Gedung Utama Setda di Kawasan Pusat Pemerintahan menjadi pusat data Sumedang. Big data ini akan menjadi referensi pemerintah dalam mengambil kebijakan.

 Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan, Kelebihan Comand Center selain pemantauan melalui CCTV, juga menampikan aplikasi untuk penilaian pegawai, e-office , sistem penanggulangan stunting. perizinan, parawisata dan lainlain.  Paket komplitnya ada di aplikasi Tahu Sumedang yang menjadi tempat semua aplikasi tentang Sumedang.

“Comand Center ini akan diresmikan oleh Menteri PANRB, Selasa 23 Februari 2021 dalam acara Sumedang Public Service and Digital Explore,” ungkap Dony, Sabtu (20/2/2021).

 Sementara, Kepala Bidang Informatika pada Dinas Komunikasi Imformatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang Mamat Rohmat mengatakan, Command Center dibangun untuk memberikan kemudahan bagi pimpinan apabila akan mengambil data dari seluruh OPD. Sehingga dapat mempercepat pelayanan publik, dan mempermudah pimpinan dalam mengambil kebijakan.

 “Nantinya, Pa Bupati dan Pa Wakil Bupati akan bisa lebih mudah untuk mencari tahu informasi atau data dari seluruh OPD. Sehingga, pimpinan akan lebih mudah mengetahui capaian kinerja dari setiap OPD, tanpa harus berkeliling,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

 Selain bisa dipergunakan sebagai pusat pemantauan,  Command Center sendiri, dapat dipergunakan untuk kegiatan meeting secara virtual. Termasuk bisa digunakan pula sebagai sarana untuk pusat koordinasi, monitoring dan kontroling terhadap seluruh OPD.

 “Jadi, Command Center merupakan sebuah ruangan mirip studio yang telah dilengkapi dengan berbagai infrastruktur teknolgi. Dimana fungsinya yaitu diperuntukan sebagai pusat komando pimpinan,” kata Mamat.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer