Kamis, 14 Mei 2020 16:18

Selama Ramadan, Kebakaran di Kota Bandung Menurun

Reporter : Bubun Munawar
Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandung sedang menjinakkan api saat kebakaran beberapa waktu lalu
Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandung sedang menjinakkan api saat kebakaran beberapa waktu lalu [Humas Kota Bandung]

Limawaktu.id,- Kejadian kebakaran di Kota Bandung di situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan masyarakat lebih banyak diam dirumah, tingkat kebakaran selama Ramadan di Kota Bandung menurun.

Sekretaris Dnas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Rachmat Hidayat menyebutkan, selama Ramadan tahun ini baru ada tujuh kejadian. Ini mengalami pernurunan jika dibandingkan Ramadan tahun lalu yang terkadi 15 kali.

"Mungkin ini karena aktivitas masyarakat banyak diam di rumah, sehingga terkontrol,” tuturnya, dikutip RMOL, Kamis (14/5).

Namun di tengah pandemi covid-19, kejadian hewan masuk ke rumah semakin meningkat, seperti ular dan tawon, karena banyak dilakukan penyemprotan disinfektan jadi hewan-hewan pada keluar.

Berdasarkan catatan yang ada di Diskar Pb Kota Bandung, sejak bulan Januari hingga April jumlah peristiwa kebakaran sebanyak 63 kasus. Babakan Ciparay menjadi wilayah tertinggi yang terjadi kasus kebakaran.

“Kebakaran itu karena kelalayan, kebanyakan dari konslet arus listrik dan gas,” terangnya.
Hingga saat ini ada tujuh Kecamatan yang zero kebakaran. Diantaranya yaitu Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kecamatan Atapani, Kecamatan Cibiru, Kecamatan Panyileukan, Kecamatan Gedebage, dan Kecamatan Bandung Kidul.

Baca Lainnya