Kamis, 16 Februari 2023 18:47

Sejak 2010 Kota Cimahi Sudah Bangun 147 Septictank Komunal

Penulis : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan memberikan keterangan pers usai sosialisasi di Kelurahan Baros, Kamis (16/2/2023)
Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan memberikan keterangan pers usai sosialisasi di Kelurahan Baros, Kamis (16/2/2023) [Limawaktu.id]

Limawaktu.id,- Belum semua warga Kota Cimahi memiliki septictank untuk membuang limbah domestiknya. Bahkan masih ada warga yang membuang limbahnya ke tanah atau  sungai, sehingga bisa mengundang penyebaran penyakit.

Untuk memfasilitasi warga yang belum memiliki Septictank Komunal, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) akan melakukan pembangunan septictank komunal di Kelurahan Baros. Hal itu terungkap saat sosialisasi kepada warga Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi terkait dengan rencana pembangunan septictank komunal di RW 16 dan RW 18 Kelurahan Baros.

“Masih banyak warga yang membuang limbahnya langsung ke tanah atau  sungai sehingga bisa mengundang timbulnya penyakit,” kata Kepala DPKP Kota Cimahi Endang, saat sosialisasi di Aula Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah, Kamis (16/2/2023).

Dikatakannya, sejak 2010, di Kota Cimahi sudah dibangun 147 Septictank Komunal diberbagai wilayah. Dibangunnya septictank komunal ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Disamping itu, dengan pembangunan septictank komunal akan mengurangi pencemaran air tanah dan sebagai bagian dari penanganan stunting.

“Dengan adanya septictank maka anak-anak kita akan menjadi generasi yang sehat, masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, ” katanya.

Dia menyebutkan, pada 2023 akan ada lima kelurahan yang menjadi lokasi pembangunan septictank komunal. Selain di Kelurahan Baros yaitu Kelurahan Leuwigajah, Kelurahan Melong, Kelurahan Karangmekar dan Kelurahan Cibabat.

“Kita targetkan akan ada 460 keluarga yang mendapatkan sambungan septictank komunal ini,” sebutnya.

Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengungkapkan, pembangunan septictank komunal di Kota Cimahi merupakan program yang berkesinambungan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Namun, kata Dikdik pembangunan septictank komunal ini harus diimbangi dengan sosialisasi yang baik sehingga bisa mengubah paradigma masyarakat agar mereka bisa berperilaku sesuai dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Baca Lainnya