Kamis, 5 Agustus 2021 18:01

Sawah Warga Cibogo Tak Bisa Digarap Akibat Tanggul Jebol

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Sawah milik warga Kampung Cibogo RW 06 Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi tak bisa digarap karena terendam banjir akibat jebolnya tanggul, akibat hujan  deras yang mengguyur Kota Cimahi.

“Jebolnya tanggul ini terjadi saat hujan deras pada Rabu 4 Agustus kemarin, “ ungkap Dedi, warga RW 06 Kelurahan Leuwigjah Kecamatan Cimahi Selatan, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan sawah milik warga tergenang air  sehingga sawah mereka tidak bisa digarap. Saat ini penangananan  sudah dilakukan oleh petugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi.

Sementara, Koordinator Lapangan Pemeliharaan Sungai DPKP Kota Cimahi Dadang Ali menyebutkan, pihaknya melakukan penanganan sementara atas tanggul yang jebol dengan membendung sungai menggunakan karung dan pasir agar air tak masuk ke sawah warga.

“Kita lakukan penanganan sementara, sebelum dilakukan pengkirmiran, “ katanya.

Sedangkan Lurah Leuwigajah Setadewa mengatakan, pihaknya  akan mengusulkan kepada dinas terkait  untuk dilakukan penanganan selanjutnya atas jebolnya tanggul yang terjadi di RW 06 Kelurahan Leuwigajah tersebut.

“Kita akan usulkan kepada DPKP untuk dilakukan pembangunan kirmir di lokasi jebolnya tanggul,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer