Senin, 23 Oktober 2017 13:48

Satpol PP Cimahi Segera Segel 5 Rumah Makan Tak Berizin

News Cimahi Baru
 Aris Permono, Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi
Aris Permono, Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi [limawaktu]

Limawaktu.id, - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi menyebutkan akan segera menyegel lima tempat rumah makan besar.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aris Permono menjelaskan, tindakan tersebut karena kelima tempat tersebut tidak memiliki izin usaha.

"Dua minggu ke depan, kita akan menyegel 5 (lima) rumah makan besar. Nama-namanya belum bisa saya ungkap. Nanti saja pas penyegelan," ujarnya saat ditemui di Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Senin (23/10/2017).

Dikatakannya, temuan rumah makan tak beriizin tersebut setelah pihaknya melakukan mapping di lapangan. Kemudian, ditindaklanjuti kepada dinas perizinan setempat.

Menurutnya, jumlah rumah makan yang tidak berizin relatif banyak, namun untuk saat ini yang dilakukan penyegelan hanya lima saja terlebih dahulu. Alasannya, pihaknya memiliki keterbatasan dalam hal anggaran untuk melakukan eksekusi penyegelan.

"Rumah makan ini beroperasi tanpa memiliki izin (usaha) sudah berlangsung sejak lama. Ada yang 17 tahun sebelum Cimahi berdiri dan ada yang baru-baru," ungkapnya.

Terkait kegiatan usaha rumah makan yang berjalan sejak lama namun tidak memiliki izin, Aris menambahkan, pihaknya tidak mengetahui penyebab mereka bisa lolos dari pungutan pajak. Katanya, yang lebih mengetahui hal tersebut adalah dinas perizinan dan dispenda.

Menurutnya, saat penyegelan dilakukan pihaknya akan melibatkan semua unsur dari masyarakat, kejaksaan dan kepolisian. Langkah tersebut ditempuh demi mengantisipasi adanya pandangan bahwa Satpol PP bertindak arogan.

"Kami melakukan tindakan sesuai SOP dan tidak arogan," katanya.(kit)*