Rabu, 4 April 2018 13:31

Satpol PP Cimahi Segel Tiang MCP Ilegal, Salah Satunya di dalam Kantor Kelurahan Cibabat

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas Satpol PP sedang menyegel tiang MCP ilegal.
Petugas Satpol PP sedang menyegel tiang MCP ilegal. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Tiang pemancar Micro Cell Pole (mcp) ilegal yang terletak di dalam area kantor Kelurahan Cibabat, Jalan Sirnarasa akhirnya disegel Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) Kota Cimahi.

Selain di area kantor Kelurahan Cibabat, Satpol PP juga akan menyegel 15 tiang MCP lainnya, belum mengantongi izin.

Berdasarkan yang terpantau pada Rabu (4/4/2018) sekitar pukul 09.30 WIB, petugas Satpol PP Kota Cimahi melakukan penyegelan tiang MCP yang berada di Jalan Cihanjuang, Jalan Pesantren dan di Kelurahan Cibabat. Stiker dan garis segel sudah terpasang pada tiang-tiang tersebut.

"Sampai saat ini sudah 5 (lima) yang disegel. Sisa 10 lagi. Target 15 (MCP) yang akan disegel," ujar Kepala Seksi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP Kota Cimahi, Muhammad Faisal di lokasi penyegelan, Rabu (4/4/2018).

Tiang MCP yang disegel lantaran melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi. Nomor 5 Tahun 2010 tentang Penataan Menara Telekomunikasi dan Perda Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Perizinan Pemanfaatan Ruang.

MCP sendiri merupakan pengganti menara macro atau BTS yang memakai jaringan frekuensi udara, sementara MCP berbasis fiber optik atau jaringan bawah tanah sebagai penguat sinyal.

Dikatakannya, penyegelan ini merupakan bentuk sanksi administrasi serta bentuk pembinaan. "Karena yang bersangkutan menyadari kesalahan dan mereka sudah proses izin, tapi belum beres," kata Faisal.

Saat ini, lanjut Faisal, pihaknya masih melakukan pendataan semua jumlah tower. Pendataan dilakukan untuk memastikan apakah tower-tower itu memang sudah mengantongi izin atau belum.

"Sisanya masih penyisiran. Nanti jangan sampai turun ke lapangan tapi sudah berizin," kata Faisal.

Baca Lainnya