Kamis, 12 Juli 2018 11:00

Satlantas Polres Cimahi Catat 70 Laka Lantas Hingga Triwulan II

Reporter : Fery Bangkit 
Sosialisasi tentang tata tertib lalu lintas kepada para pelajar.
Sosialisasi tentang tata tertib lalu lintas kepada para pelajar. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Hingga satu semester berjalan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi mencatat sekitar 70 kecelakaan lalu lintas di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Hingga triwulan kedua, laka daerah Cimahi-KBB ada 70 kasus, baik MD (meninggal dunia) maupun luka ringan," beber AKP Suharto, Kasatlantas Polres Cimahi saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kamis (12/7/2018).

Baca Juga : Asep Suherman Jadi Korban Kecelakaan Maut di Tangkuban Perahu

Dikatakannya, dari 70 kasus laka lantas yang terjadi periode Januari hingga awal Juli didominasi luka ringan. Sedangkan yang meninggal dunia ada empat korban.

Peristiwa laka lantas terakhir terjadi pada Rabu (11/7/2018) sekitar pukul 13.40 WIB di Jalan Raya Purwakarta, Cikalong Wetan, KBB. Kecelakaan melibatkan kendaraan roda dua yang ditunggangi dua pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) bernama Dicki Chandra (16) dan Ridho (16) dengan kendaraan roda empat jenis box yang dikendarai Ruswana.

Baca Juga : Tiga Unit Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Purbaleunyi KM 125-200

Dua pelajar yang berboncengan itu meninggal dunia di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan luka parah. Keduanya masih mengenakan seragam sekolah. Kecelakaan diduga akibat kelalaian dari pengendara.

Untuk menghindari laka lantas, Suharto menghimbau kepada seluruh pengguna kendaraan, termasuk pelajar agar tetap menaati rambu-rambu lalu lintas yang terpasang.

Baca Juga : Kecelakaan Segi Tiga di Rajamandala Tewaskan Anak Sekolah

"Selain itu, perhatikan kultur jalan, terutama tikungan. Masing-masing sudah ada hak jalan," imbuhnya.

Khusus pelajar, lanjut Suharto, pihaknya kerap melaksanakan sosialisasi tentang tata tertib lalu lintas. Bahkan, kata dia, sosialisasi sudah dijadwalkan petugas polisi.

"Kalau sosialisasi otomatis, sudah kita jadwalkan," tuturnya.

Baca Lainnya