Rabu, 16 Mei 2018 14:49

Satgas Pangan Siap Tindak Tegas Penimbun Kepokmas di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Sidak dengan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di Pasar Cimindi, Rabu (16/5/2018).
Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Sidak dengan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di Pasar Cimindi, Rabu (16/5/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Tim Satgas pangan Polres Cimahi menyatakan akan menindak tegas penimbun kebutuhan pokok jelang bulan suci ramadan.

Tim Satgas Pangan Polres Cimahi terus akan melakukan pengawasan. Jika terbukti ada permainan pasar atau penimbunan, akan langsung ditindak.

Baca Juga : Selama Ramadan, Pelayanan Exstra Time di Kecamatan Cimahi Selatan Dinonaktifkan

"Laporan (penimbunan) belum. Tapi Satgas pangan terus memantau," kata Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana usai Sidak dengan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di Pasar Cimindi, Rabu (16/5/2018).

Dari hasil pengecekan harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (kepokmas), Rusdy mengakui ada beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikkan. Seperti daging sapi, ayam potong, telur, bawang dan komoditas lainnya.

Baca Juga : H-1 jelang Ramadan, Harga Ayam dan Sapi di Cimahi Kompak Naik

Kenaikkan menjelang puasa tersebut dinilainya masih sebatas wajar. Ketika gejolak harga di pasaran tidak stabil dan tidak dalam batas kewajaran, pihaknya langsung akan menindaklanjuti.

"Sejauh ini masih sebatas wajar. Secara psikologis (kenaikan) jelang puasa," ujarnya.

Baca Juga : LAPAN Garut Pantau Hilal 1 Ramadhan 1439 H

Sebagai langkah antisipasi lonjakan harga, pihaknya lebih mengedepankan upaya preventif dengan melakukan pengecekan, seperti ketersediaan beras. Tim satgas pangan sudah mengecek ke Bulog, dan masih cukup sampai Lebaran Idul Fitri.

Pihaknya mengimbau kepada para distributor untuk tidak melakukan penimbunan yang berimbas naiknya harga komoditas. Jika terbukti ada penimbunan, pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan penindakan.

Baca Juga : Swafoto Ajay Iringi Sidak Harga Jelang Ramadan di Pasar Cimindi

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, dari hasil pengecekan, Ajay mengaku harga komoditas yang naik tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, seperti daging ayam, daging sapi, dan telur. Kendati mengalami kenaikan, tapi semuanya masih dalam tahap wajar.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga, pihaknya akan menggelar operasi pasar pada 5,6 dan 7 Mei 2018.

"Operasi pasar dilakukan, untuk mengendalikan harga komoditas di Pasar," ucapnya.

Ajay pun mengklaim hingga kini pasokan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) untuk Kota Cimahi masih terbilang aman. Sementara soal mengeluhnya pedagang ayam mengenai minimnya daya beli masyarakat, menurutnya itu dikarenakan pedagang ayam di Pasar Cimindi banyak.

Baca Lainnya