Senin, 19 Juli 2021 13:14

Sapi Simmental Asal Lembang jadi Sapi Kurban Jokowi

Reporter : Wawan Gunawan
Sapi Simmental seberat 1 ton asal Lembang Kabupaten Bandung Barat terpilih menjadi salah satu sapi kurban Presiden Joko Widodo
Sapi Simmental seberat 1 ton asal Lembang Kabupaten Bandung Barat terpilih menjadi salah satu sapi kurban Presiden Joko Widodo [Humas]

Limawaktu.id,- Sapi Simmental seberat 1 ton asal Lembang Kabupaten Bandung Barat terpilih menjadi salah satu sapi Kurban Presiden Joko Widodo.

Menurut Agus Sumartono, salah seorang peternak asal Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, sapi berbobot kurang lebih 1 ton milik miliknya, terpilih menjadi salah satu sapi kurban Presiden Jokowi pada Idul Adha tahun ini.

“ Saya tak menyangka jika sapi kesayangan  ini bisa lolos dan terpilih untuk sapi kurban Pak  Jokowi. Sapi milik saya ini bakal dibeli Presiden Jokowi untuk kurban Idul Adha tahun ini,” ungkapnya, Senin (19/7/2021).

Menurut dia, Simmental atau Swiss Fleckvieh adalah salah satu ras sapi. Simmental memiliki warna bulu kemerahan dengan corak warna putih, dan diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya.

Seperti diketajui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan 35 sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada Selasa besok.  20 Juli 2021.

"Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi (mendapat) satu ekor dan ada satu ekor untuk (Masjid) Istiqlal," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, belum lama ini.

Menurut dia sapi kurban dari presiden beratnya bervariasi, mulai dari 800 kilogram sampai satu ton.

“Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah," kata Heru.

Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk (menyediakan) sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat.

Pelaksanaan ibadah Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

 

Baca Lainnya

Topik Populer