Minggu, 18 Juni 2023 22:22

Sang Ibu Delapan Kali Menikah Seorang Anak Diduga Tertular HIV

Reporter : Bubun Munawar
Seorang anak warga Desa Desa TimboloKecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli  diduga terkena TBC dan HIV
Seorang anak warga Desa Desa TimboloKecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli diduga terkena TBC dan HIV [Istimewa]

Limawaktu.id,- Kondisi memprihatinkan menimpa seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun  yang bertempat tinggal di Desa TimboloKecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Pasalnya di Desa tersebut ada seorang anak yatim piatu yang diduga giizi buruk dan mengidap penyait TBC.

“Informasi dari Kepala Desa Timbolo Ismadi Malik dan Kepala Puskesmas Binontian Iwan Amas,  anak ini bukan hanya karena Gizi Buruk saja  tapi  faktor utama kesehatan dari awal memiliki penyakit TB dan terkena penularan  virus HIV yang diperkirakan dari ibunya, “ terang Asep Setiawan, seorang pemerhati permasalahan Sosial  di Kecamatan Toli-Toli Utara, Minggu (18/6/2023).

Dikatakannya, sejak ditinggal ayahnya pada 2001 lalu ibunya meninggal tahun 2015 dan memiliki riwayat pernikahan sebanyak delapan kali, terdeteksi sekitar 2021 dari hasil diagnosa rumah sakit Tolitoli yang semula tidak disangka adanya HIV tapi dikarenakan batuk batuk lalu dilakukan pemeriksaan, dan diperkirakan anak tersebut terinspeksi HIV.

“Penularan HIV tersebut diperkirakan dari ibunya yang mempunyai riwayat delapan kali menikah,” katanya.

Melihat kondisi tersebut, beberapa pihak tidak tinggal diam dan memberikan bantuannya kepada anak tersebut . Bantuan yang diberikan oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat berupa pangan dan saat ini dilakukan pemeriksaan oleh tim medis Puskesmas Binontian dipimpin oleh kepala Puskesmas.

“Berdasarkan perintah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli maka hari ini juga dirujuk ke RSUD Mokopido Tolitoli. Anak tersebut saat ini sudah tidak sekolah dan aktivitas terbatas karena penyakit yang dideritanya,” sebutnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer