Rabu, 24 Februari 2021 12:05

Sampah Medis Menjadi Masalah Utama yang Akan Ditangani Dinas LH

Reporter : Wawan Gunawan
Petugas sampah banyak menemukan sampah masker yang dibuang warga
Petugas sampah banyak menemukan sampah masker yang dibuang warga [humas]

Limawaktu.id,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi bakal mencarikan solusi untuk penanganan sampah masker medis yang dihasilkan masyarakat. Seperti diketahui, sejak mewabahnya Covid-19 penggunaan masker menjadi hal utama untuk mencegah penularan virus tersebut.

 "Ini memang masalah utama buat kita, terutama masker. Nanti kita cari solusinya," ujar Kepala DLH Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih, Rabu  (24/2/2021).

 Dikatakannya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pembahasan terkait permasalahan ini. Sebab menurutnya penanganan sampah masker yang merupakan limbah medis tersebut harus secara khusus.

 "Saya kan baru di sini, nanti dibahas. Untuk mengatasinya memang susah, itukan sekali pakai. Terus banyak masyakat yang pakai," sebutnya.

 Kepala UPTD Kebersihan pada DLH Kota Cimahi, Yusep Koswara menambahkan, setiap sampah yang diambil dari TPS di Kota Cimahi, yang kemudian diangkut ke TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat memang rata-rata terdapat masker sisa pakai masyarakat.

 "Iya memang ada sampah masker, dari masyarakat perorangan," katanya.

 Ia tak bisa menyebutkan jumlah volume sampah medis maskernya sebab selama ini tidak ada pemilahan secara khusus. Pihaknya hanya mengangkut dari rumah tangga, ke TPS kemudian ke TPAS Sarimukti.

 "Jumlah mungkin banyak juga hanya saja gak terlihat karena bercampur dengan sampah domestik rumah tangga biasa. Gak bisa dihitung. Kalau sampah domestik organik dan anorganik per hari 220 ton yang diangkut ke TPA," pungkas Yusep.

 

Baca Lainnya

Topik Populer